Karang Nini – Antara Eksotisme dan Legenda

Karang Nini – Inilah salah satu tempat wisata di Pangandaran Jawa Barat yang memiliki pesona keindahan alam pantai terutama batu karangnya serta legenda yang tidak kalah populernya dengan lokasi wisata pangandaran lainnya. Berlokasi di desa emplak, kecamatan Kalipucang, wana wisata Karang Nini memliki luas kawasan wisata hampir 75 hektar, dan pertama kali resmi dibuka sebagai salah satu objek wisata di indonesia untuk umum pada tanggal 25 September 1985.

Sahabat jumpa lagi dengan saya penulis blog wisata indonesia, yang tidak akan pernah lelah memberikan berbagai informasi pariwisata menarik, terbaru dan tentunya akan bisa menjadi referensi wisata anda ketika berencana liburan bersama keluarga, sahabat atau pasangan anda.Jika sebelumnya saya sudah membedah informasi wisata pangandaran terkenal lainnya seperti Pantai karapyak, dan juga info wisata pantai indah di Manado Sulawesi Utara yang sudah mendunia yaitu Taman nasional Laut Bunaken, maka kali ini, saya akan menuliskan masih di kawasan wisata bahari yang ada di sekitar pangandaran yaitu objek wisata Karang Nini.

Nah sahabat traveler’s, seperti apakah ragam wisata yang ada di karang ini, apa saja fasilitas wisata di karang nini, dimanakah lokasi pantai karang nini, bagaimana cara menuju ke karang nini,penginapan yang bagus di karang nini serta satu lagi yang tidak boleh dilewatkan dan anda harus tahu seperti apakah cerita rakyat legenda karang nini dan Bale Kembang ? yuk kita simak bahasannya di bawah ini.

Karang Nini

Karang Nini

Karang Nini

Sahabat traveler’s, lokasi karang nini sama dengan Pantai Karapyak, yaitu lokasinya berada 10 km sebelum memasuki kawasan wisata pantai pangandaran jika anda menggunakan transportasi dari arah jakarta atau Bandung. Memiliki karakteristik yang hampir sama dengan karapyak,yaitu memiliki potensi wisata pantai yang sangat indah sekali dengan keindahan batu karangnya sebagai objek wisata utamanya yang populer dengan sebutan Karang Nini ( karang nenek ). Pantai ini sangat di kenal baik oleh wisatawan, sehingga jangan heran apabila ketika akhir pekan apalagi di musim liburan , karang nini akan menjadi tempat berkumpulnya banyak wisatawan dari berbagai daerah yang ingin menikmati pesona indah pantai karang nini.

Sahabat traveler’s, Jika anda adalah wisatawan yang pertama kali baru memasuki kawasan wisata Karang Nini yang sekarang dikelola oleh perhutani kabupaten Pangandaran, maka jangan kaget dan heran, karena sejak mula kita masuk pintu gerbang untuk membeli tiket, sepanjang jalan menuju lokasi kita akan seperti memasuki sebuah kawasan hutan jati yang sangat luas dengan pepohonannya yang sangat tinggi dan berukuran besar, sehingga seketika itu juga anda akan disambut dengan kesejukan udara yang menyegarkan serta dendangan atau alunan suara khas yang berasal dari binatang hutan kawasan wisata karang nini, yang merupakan habitat tempat hidupnya.selain itu, sepanjang perjalanan coba anda perhatikan, dimana dari kejauhan anda akan menyaksikan keindahan Sagara Anakan di balik pepohonan.

Legenda Karang Nini Bale Kembang

Legenda Karang Nini

Legenda Karang Nini

Sahabat traveler’s, sekali lagi yang unik dari berbagai tempat wisata di indonesia yang diketahui penulis, hampir bisa dipastikan sejumlah objek wisata di indonesia rata-rata memiliki keunikan berupa adanya cerita rakyat, mitos hingga legenda yang melingkupi lokasi wisata tersebut.Apabila anda pernah membaca keunikan misteri wisata pantai pulau dewata yaitu Tanah Lot di Bali yang pernah saya tulis atau juga misteri Gunung Bromo, ternyata ada legenda dari bumi pasundan juga yang berlokasi di Karang Nini.Nah seperti apa legendanya ? yuk kita simak di bawah ini.

Sahabat traveler’s, legenda dari karang nini dan Bale Kembang berawal, konon di zaman dulu tinggalah sepasang suami istri yang sudah tua di sekitar emplak atau karang tanjung. Ke dua orang tua yang dikenal  dengan nama aki Arga Plara dan nini Ambu Kolot ini terkenal memiliki ilmu kedigjayaan alias sakti mandraguna.Nah, di sela kehidupannya menghabiskan waktu tua, si aki agra plara ini mempunyai kebiasaan memancing ikan di laut, sementara si nini hanya tinggal diam di rumah.

Pada suatu hari, diceritakan bahwa si aki arga plara ini memutuskan keluar dari tempat tingalnya menuju ke laut untuk menyalurkan kegemarannya yaitu memancing ikan.Lama waktu berlalau pada hari itu hingga waktu matahari mulai terbenam, ternyata ambu kolot tidak mendapati suaminya kembali atau belum pulang ke rumah, yang biasanya itu jarang terjadi, karena menjelang sore biasanya si aki sudah kembali dengan tentengan ikan yang berhasil ia tangkap dan bawa pulang.

Mendapati si aki arga plara belum juga pulang meski waktu sudah petang, maka perasaan ambu kolot pun menjadi resah dan khawatir telah terjadi sesuatu yang menimpa si aki arga plara ini.Tidak mau menunggu lama dalam kegelisahan, akhirnya dibantu masyarakat sekitar, si ambu kolot pun mencarinya di sepanjang pesisir pantai dengan memanggil-manggil nama si aki arga plara.Namun nasib berkata lain, hingga waktu sudah malam, keberadaan si aki arga plara ini tidak ditemukan juga, sehingga dengan berat hati masyarakat pun kembali ke rumah masing-masing, sementara si nini ambu kolot memilih bertahan sendirian di tepi pantai.

Lama menunggu di pantai tak kunjung tampak juga kehadiran si aki plara, akhirnya dengan kesaktian yang dimiliki si ambu kolot, dia berdoa dan meminta kepada sang penguasa laut kidul yaitu ratu roro kidul, untuk dipertemukan dengan sang suami meski dengan keadaan dan kondisi seperti apa pun.Akhirnya doa dan permohonannya itu berbalas, dengan ajaib menjelmalah sebuah batu yang mengambang di atas air laut di hadapan si nini ambu kolot, dan batu karang inilah wujud jasad si aki yang sudah meninggal dan sekarang di sebut dengan ” Bale Kembang “, yang diyakini jika anda berdiri di atas batu itu, maka tubuh anda seperti digoyang-goyang.

Nah sahabat, setelah didapati bahwa suaminya aki arga plara sudah meninggal, sebagai bentuk setia dan cinta si nini ambu kolot terhadap suaminya yang sudah menjelma menjadi batu ” Bale Kembang ” tersebut, maka si nini pun berdoa kembali dan memohon agar dirinya bisa didekatan selamnya dengan jasad sang suami. Maka tidak berselang waktu yang lama, berubah wujudlah si nini ambu kolot ini menjadi batu karang juga yang posisinya persis menghadap Bale Kembang.

Nah seperti itulah sahabat legenda dari karang nini dan bale kembang, apabila anda belum mengetahuinya. Penasaran dengan cerita tersebut ? dan anda ingin menyaksikan secara langsung wujud jelmaan si aki arga plara ( bale kembang ) dan si nini ambu kolot ? silahkan datang saja langsung ke pantai karang nini di waktu akhir pekan atau musim lebaran. Jangan lupa bawa serta keluarga anda, dan ceritakan kepada anak-anak anda, pastinya mereka akan tertarik menengar cerita anda.

Wisata Karang Nini

Wisata Karang Nini

Wisata Karang Nini

Sahabat traveler’s pecinta Aneka wisata indonesia, wana wisata Karang nini adalah sebuah tempat wisata alam di jawa barat yang sangat indah dan khas karena merupakan paduan kawasan wisata hutan dengan wisata khas pantai. Hamparan luas kawasan wisata hutan pohon Jati menjelma seperti sebuah rimba liar dan rindang yang terhubung dengan lautan lepas samudra hindia. Debur debur gelombang ombak besar yang tampak berwarna sangat biru dari kejauhan hingga menembus batas cakrawala langit seperti sebuah garisan tangan Tuhan. Sungguh pesona alam karang nini menyimpan misteri kebesaran dan keagungan Tuhan, sehingga kita tampak kecil dan tidak berarti.

Nah, sahabat traveler’s, apa saja ragam wisata yang ada di karang nini yang bisa anda temukan dan dapatkan ketika berkunjung ke sana ? berikut adalah kupasannya :

1.Wisata Pantai Karang Nini

Sahabat traveler’s, jelas ini adalah target utama kita ketika mengunjungi karang nini.Daya tarik serta pesona pantai di karang nini telah mampu menjadikannya sebagai primadona wisata pantai kabupaten pangandaran.Dari lokasi pantai karang ini anda selain akan menikmati keindahan bagian pantai yang berjuluk laut pakidulan yang indah, juga dari lokasi ini anda akan tahu penampakan dan bentuk batu karang yang populer disebut di dalam legenda di atas sebagai batu karang jelmaan ambu kolot yaitu karang nini, dan wujud aki agra plara  yaitu bale kembang.

Dari lokasi pantai karang ini juga anda akan disuguhkan pemandangan indah dari kejauhan, seperti dari arah timur anda akan melihat keberadaan sebuah pulau yang menjadi penjara alam penjahat kakap di indonesia Pulau nusa kambangan. Kemudian ketika mata anda diarahkan ke selatan, maka yang akan didapati adalah teluk pananjung di mana lokasi pantai pangandaran berada, serta yang tidak kalah eksotis adalah kelokan perlintasan jalan kereta api peninggalan penjajah belanda yang menghilang di ujung terowongan Wilhelmina.

2.Wisata Flora dan Fauna

Sahabat traveler’s, ketika anda berkunjung ke karang nini, anda juga bisa menikmati keaneka ragaman jenis Flora berupa pepohonan besar seperti jati, mahoni, angsana, ketapang, keben, johar dan juga hutan Mangrove.Di sana wisatawan bisa mengamati dari dekat aneka jenis tumbuhan jati dan mahoni.Tak cukup sampai di situ, wisatawan juga bisa mengamati proses kegiatan pengelolaan hutan tanaman jati atau teak planttation forest management mulai dari kegiatan persemaian, pemeliharaan hutan hingga kegiatan produksinya

Tidak cukup dengan keragaman jenis tanaman hutan, di sekitar hutan wana wisata pantai Karang Nini juga wisatawan dapat menikmati kehadiran sejumlah Fauna satwa liar yang sering dijumpai di kawasan hutan tersebut,seperti jenis kera dan satwa lutung yang sudah mulai langka.Sedangkan satwa lainnya yang mudah ditemukan juga dikawasan wisata Karang Nini adalah binatang landak, trenggiling, kancil,tupai hingga ayam hutan.

3.Wisata Ekspedisi Terowongan Wilhelmina

Sahabat traveler’s,tahukah anda di kawasan wisata pantai Karang Nini terdapat sebuah terowongan kereta api tua yang bernama terowongan Wilhelmina yang dibangun ketika zaman penjajahan Belanda, yang merupakan terowongan terpanjang di Indonesia sejauh 1116 meter yang dibangun sebagai penghubung jalur kereta api rute Banjar – Cijulang sejauh ± 82 km, lokasi terowongan tua ini terletak diperbatasan antara desa Bagolo dan desa Emplak, Kabupaten Pangandaran.

Meskipun sudah lama tidak beroperasi sejak tanggal 3 Pebruari 1981 oleh karena biaya operasionalnya yang tinggi, namun lokasi terowongan ini bisa dijadikan wisata ekspedisi bahkan edukasi bagi anda, sehingga kita bisa mengenal dan mengetahui sejarah akan sebuah Terowongan kereta api tua yang dibangun mulai pada tahun 1914 oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwegen dan mulai beroperasional pada tanggal 1 Januari 1921.

4.Wisata Ziarah Makam Petilasan

Sahabat, tidak hanya keindahan alam yang menjadi daya tarik dari wisata karang nini di pangandaran ini.Di lokasi ini juga terdapat situs tempat ziarah makam Syech Wali Kutub Cikabuyutan dan Anggasinga Wencana Bagaspati yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun dari berbagai daerah lainnya di indonesia.Tempat ini sangat cocok bagi para peziarah karena lokasinya yang sangat tenang dan sunyi ketika malam, sehingga akan menambah kekhusuan mereka ketika berdoa atau ritual keagamaan di sana.

5.Wisata Air Surfing

Sahabat traveler’s, wisata ini bisa jadi sangat jarang wisatawan lokal atau domestik yang melakukannya, karena selain lokasinya yang sangat berbahaya, yaitu pantainya berkarang, juga ombak di salah satu tepian samudra hindia yang terkenal ganas dan besar. Tapi hal itu tidak berlaku bagi para wisatawan asal mancanegara terutama bagi para penggemar berselancar air atau surfing.Lokasi pantai karang nini adalah lokasi favorit mereka untuk menjajal keganasan ombak laut indonesia, dan uniknya lokasi Pantai ini dipantau langsung di situs www.Surf-Forecast.com, seperti arah angin dan gelombang air lautnya.

Fasilitas Wisata Karang Nini

Sahabat traveler’s, keindahan atau eksotisme wisata yang di tawarkan oleh tempat wisata di karang nini ini juga telah didukung baik dengan sarana dan parasarana wisata yang meski belum sempurna dan modern seperti yang ada di pantai pangandaran, akan tetapi sudah sangat layak sebagai fasilitas wisata standar yang akan memberikan rasa nyaman liburan anda di karang nini.Dan berikut adalah berbagai fasilitas penunjang wisata, sehingga anda bisa memaksilmalkan mengekplorasi keindahan pantai laut kidul ini.

  • Pusat informasi wana wisata, apabila anda baru pertama kali datang ke sana, anda bisa bertanya atau mencari informasi apa yang menurut anda diperlukan, atau bisa menghubungi nomer telepon 0265 – 771042
  • Menara Pandang, dari sini anda bisa menikmati seluruh sudut kawasan wisata pantai karang nini dari ketinggian dengan jelas karena telah dilengkapi dengan teropong, sehingga akan memudahkan anda melihat objek menarik dari kejauhan seperti pulau nusakambangan, selat pananjung dan juga lintasan rel kereta dan terowongan wilhelmina.
  • Shelter, pengelola wisata karang nini juga sudah menyiapkan beberapa tempat bernaung atau pemberhentian berupa tempat yang teduh, sehingga dengan nyaman anda akan menikmati hembusan angin laut sambil memandang ke laut lepas.
  • Jogging Track, nah untuk menikmati kawasan wisata hutan karang nini yang ditumbuhi aneka ragam pepohonan dan juga hutan mangrove sambil menghirup udara segar dan juga melihat aneka satwa liar yang mendiami kawasan wisata hutan ini seperti kera dan lutung yang bergelantungan di atas pohon, anda bisa mempergunakan jalur trekking jogging yang sudah dibuatkan khusus.
  • Tempat bermain anak-anak, nah sarana ini jelas sudah cukup tersedia di sana, sebagai hiburan anak-anak anda ketika menemani anda yang sedang menikmati keindahan alam di sana.
  • Hidangan kuliner Malam Bakar Ikan, nah kalau fasilitas wisata ini hanya bisa anda dapatkan ketika anda memutuskan bermalam atau menginap di pondok wisata yang berada di dalam kawasan wisata karang nini.
  • Camping ground, Lokasinya jelas akan memberikan tantangan tersendiri bagi anda.Bagaimana rasanya bermalam di kawasan wisata hutan yang lebat dengan suasana pantai di sampingnya, pasti sebuah sensasi yag sangat layak anda coba, karena camping ground ini mampu menampung 300 orang wisatawan sekaligus.
  • Pondok Wisata, ya, kawasan wisata karang ini telah menyediakan tempat bermalam atau tempat penginapan di karang nini yang cukup refresentatif, berupa pondok wisata yang jumlah 5 dengan design tradisional khas sunda.
  • Bale Rancage, sebuah bangunan yang diperuntukan sebagai ruang pertemuan yang bisa menampung lumayan banyak orang.Sangat cocok bagi anda yang datang secara rombongan dan ingin melakukan acara bersama di sana.
  • Lahan Parkir, di sini juga tersedia areal parkir yang cukup luas serta aman tentunya.

Tiket Masuk Karang Nini

Untuk harga tiket masuk karang nini, setiap orang dikenakan biaya atau tarif masuk karang nini sebesar Rp.5.000/orang, dan itu sudah termasuk asuransi bilamana terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan selama liburan di kawasan wisata hutan dan pantai itu.Selengkapnya anda bisa update tiket masuk, tiket parkir dengan menelepon pusat informasi di nomer telepon : 0265 – 771042

Nomer Telepon Informasi Wisata Karang Nini

  • Silahkan anda bisa menghungi nomer telepon : 0265 – 771042

Lokasi Karang Nini

Sahabat traveler’s, lokasi objek wisata karang nini sendiri adalah terletak di di desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Brat Indonesia.Titik koordinat maps berada di 7 41′ 1″ S, 108 44′ 11″ E. Dan di bawah ini adalah map pantai karang nini.

[mappress mapid=”11″]

Rute Jalan Menuju Karang Nini

Sahabat tarveler’s yang tertarik mengunjungi tempat wisata yang menarik di jawa barat ini bisa menggunakan berbagai jenis transportasi darat seperti Bus hingga tansportasi udara dengan pesawat Susi air.Dan berikut adalah akses jalan yang bisa anda gunakan rutenya untuk menuju Karang Nini :

1.Transportasi Darat Bus

  1. Jakarta, anda wisatawan dari jakarta dan sekitarnya, bisa naik bus budiman dari terminal kampung rambutan tujuan Pangandaran, dengan jalur rute jalan yang akan melintasi Bandung – Tasikmalaya – Ciamis – banjar -Banjarsari – Padaherang – Kalipucang dan silahkan turun di lokasi objek wisata, dengan terlebih dahulu pesan ke kondektur untuk diturunkan di gerbang masuk Karang Nini.
  2. Bandung, bagi anda wisatawan dari bandung dan sekitarnya bisa mengikuti rute jalan d atas, dengan naik bus budiman di terminal Cicaheum terlebih dahulu dengan tujuan Pangandaran.
  3. Garut , bagi anda dari arah garut, silahkan ikuti jalur jalan di atas.
  4. Cirebon , bagi anda yang berasal dari daerah cirebon dan sekitarnya, anda bisa naik bus dari terminal terdekat anda dengan tujuan Banjar.Dari sana anda bisa melanjutkan dengan kendaraan bus 3/4 budiman, dan minta diturunkan kepada kondektur bus di lokasi wsata karang nini.

2.Transportasi Darat Kereta Api

Bagi wisatawan yang senang dengan perjalanan menggunkan kereta api juga bisa anda lakukan. Dari mana pun anda berasal, berpatokan naik kereta api dengan tujuan stasion kereta api Banjar. Sesampainya di banjar, anda langsung saja pergi ke terminal bus banjar, dan bisa naik bus 3/4 bus budiman yang banyak stadbye di sana, dan bilang kepada kondektur bus untuk diturunkan di gerbang pintu masuk Karang Nini.

3.Transportasi Udara

Bagi sahabat yang ingin menggunakan transportasi udara, jasa layanan pesawat Susi Air siap melayani anda.Bagi yang di jakarta bisa berangkat dari bandar udara halim perdana kusuma, sementara dari Bandung bisa berangkat dari bandar udara Husein sastranegara. Dan selanjutnya bagaimana cara melanjutkan perjalanan ke pantai karang nini, adalah anda menuju terminal cijulang, dan naik bus menuju banjar, dan turun di objek wisata karang nini.

Jadwal Penerbangan dan Harga tiket pesawat Susi Air

Tarif Parkir Kendaraan di Kawah Putih Ciwidey

Jenis ParkirTarif Parkir ( Rp )
Parkir Atas Roda 4150.000
Parkir Atas Roda 235.000
Parkir Bawah Roda 23.000
Parkir Bawah Roda 46.000
Parkir Bawah Roda 625.000

Tempat reservasi dan nomer telepon

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cimanggu

NamaWeekday ( Rp )Weekend & Libur ( Rp )
WNI16.00023.000
WNA100.000100.000
Parkir Motor8.5008.500
Parkir Mobil18.50018.500
Parkir Bus92.50092.500

Penginapan di Pantai Karang Nini

Sahabat traveler’s yang ingin bermalam di karang nini tidak usah khawatir, karena seperti yang saya jelaskan di atas, di sana telah tersedia Pondok wisata yang dikeloloa langsung oleh Kesatuan Pemangku Hutan ( KPH ) pangandaran. Terdapat 5 pondok wisata dimana tiap pondoknya terdapat 3 ruang kamar, dan sangat pas buat keluarga besar anda yang ingin menghabiskan malam di sana.Untuk harga sewa penginapan pondok wisata Karang Nini sendiri sangat terjangkau, dan untuk harga sewa terbarunya bisa anda tanyakan langsung ke nomer telepon : 0265 – 771042.

Tapi bagi anda yang tidak ingin bermalam di pondok wisata karang nini dan memilih bermalam di pusat wisata pantai pangandaran, berikut adalah daftar Hotel di pantai pangandaran yang murah yang bisa anda tempati, dan silahkan untuk melihat detil harga, fasilitasnya anda bisa mengkliknya langsung di tabel nama hotel di bawah ini.

Daftar Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Hari KunjunganHarga Tiket ( Rp )
Weekday WNI18.000
Weekend WNI18.000
Turis Asing WNA50.000

Keindahan Pantai Karang Nini di Youtube

Nah, demikianlah sahabat traveler’s, informasi wisata kabupaten Pangandaran Jawa Barat Indonesia, yang populer dengan Pantai Karang Nini. Semoga informasi pariwisata di  jawa barat ini bisa memberikan anda informasi untuk digunakan sebagai referensi destinasi wisata anda bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan anda.[ www.anekawisataindonesia.com # Karang Nini ]

Karang Nini
  • Karang Nini

Ringkasan

Karang NiniKarang Nini - inilah salah satu tempat wisata di indonesia, berlokasi di desa emplak kecamatan kalipucang pangandaran jawa barat. Terkenal memiliki keindahan pantai yang unik dan khas yaitu hamparan batu karang indah di pesisir pantainya. Tidak hanya populer karena legenda batu jelmaan darai ambu kolot yang menjadi karang nini dan batu bale kembang yang merupakan jelmaan aki arga plara,Karang Nini juga menyimpan potensi serta daya tarik dari wisata flora dan fauna.Di lokasi ini adalah tempat konservasi flora jenis pohon jati dan juga pohon yang lainnya, serta tempat hidup atau habitat banyak satwa yang sudah mulai langka yaitu kera dan lutung.Tempat ini sangat rekomended bagi anda yang ingin bersantai di alam pantai yang tenang, sunyi yang akan memberikan rasa damai.Anda suka artikel ini, jangan lupa beri bintang di bawah ini. [ www.anekawisataindonesia.com ]

4
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.