Beranda » Harga Tiket Masuk » Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

Hallo sahabat Mawa Holiday yang budiman, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Kembali lagi dengan admin disini. Kali ini admin mau bagi bagi informasi mengenai Air Terjun Sri Gethuk yang tempatnya berada di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), lebih simple nya Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul.

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

Nahh, sudah tidak asing lagi bukan dengan nama tempat ini? Atau mungkin kalian baru mengetahui tentang Air Terjun ini? Coba sesekali masukan Air terjun ini kedalam list liburan kalian yaa.

Tenang, jangan bingung nanti disana bagaimana atau kalian bertanya – tanya ada apa saja disana atau lain sebagai hal.

Nah kesempatan kali ini juga admin ingin berbagi informasi terkait objek Wisata Air Terjun Sri Gethuk – Review lokasi, harga dan fasilitas serta tips untuk kalian yang ingin berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul Yogyakarta ini.

Semoga artikel kali ini dapat memberi manfaat untuk para pembaca yang sedang memiliki rencana untuk berwisata ke daerah Yogyakarta. Langsung saja yuk kita bahas bersama!

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Daerah Istimewa Yogyakarta, mungkin jika kita gali lebih dalam tentang objek wisatanya sepertinya tidak akan ada habisnya. Disetiap daerah di Yogyakarta memiliki keunikan akan objek wisatanya masing- masing.

Kali ini admin akan membahas mengenai objek wisata yang berada di Daerah Gunung Kidul Yogyakarta yang bernama Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk dari namanya saja Air terjun pasti hubungannya adalah dengan air dan tebing. Kawasan Air Terjun ini memiliki 3 mata air yang berada didalam tanahnya, yaitu sumber mata air Ngandong, Dong Poh dan Ngumbul.

Ketiga mata air ini mengapit berkumpul dan mengalir melalui tebing yang tinggi hingga membentuk Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk diapit oleh tebing yang menjulang tinggi dan mempunyai ketinggian sekitar 25 meter dengan 3 – 5 terjunan air, namun biasanya tergantung keadaan musim . Air terjun ini pun menjadi sumber pengairan bagi sektor pertanian disekitarnya.

Baca Juga : Info wisata candi borobudur lengkap

Sejarah Singkat Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk ini juga sering disebut dengan Air Terjun Slempret. Nama Slempret ini sendiri berasal dari legenda yang ada di desa Bleberan.

Menurut cerita yang beredar di daerah tersebut, air terjun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro.

Jin- jin tersebut menyukai musik yang dihasilkan oleh gamelan. Banyak wisatawan atau warga sekitar yang sering mendengar suara tabuhan dari gamelan.

Namun jika didekati ke asal suara tersebut muncul seketika suara tersebut tidak ada. Masyarakat percaya suara gamelan ini ditabuh oleh jin Anggo Menduro.

Selain itu ada pula yang menjelaskan asal nama Air Terjun Sri Gethuk ini berasal dari kata ketuk ( dalam konteks misalnya ketukan musik).

Karena kata ketuk sama dengan Gethuk maka warga setempat pun menamainya dengan Gethuk. Dan ketika musim hujan biasanya warga sekitar mendengar suara gamelan.

Suara “ ketukan” itulah yang membuat penduduk mengenalnya dengan getukan. Hingga menjadi awal mula nama dari Air Terjun Sri Gethuk.

Menyusuri Dan Menikmati Pemandangan Sungai Oyo

Ketika kalian akan mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk ini kalian dapat memilih antara dua pilihan yaitu diantaranya adalah berlayar dengan menggunakan perahu atau berjalan kaki disekitaran aliran sungai oyo.

Kali ini admin ingin memberi referensi kepada kalian yang ingin mengunjungi air terjun ini untuk menaiki perahu. Karena menurut admin kalian dapat menikmati aliran sungai serta ditambah kalian akan disuguhkan pemandangan disamping sungai yang merupakan tebing bebatuan dan hijaunya pepohonan yang menyejukan mata bagi setiap penglihatnya.

Jaraknya yang kurang lebih 700 meter menuju air terjun, atau kurang lebih anda akan menempuh waktu perjalanan sekitar 10- 15 menit. Namun jika kalian tidak ingin melewati jalur air kalian dapat melewati jalur darat .

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

Spot Foto Yang Ciamik

Betul sekali jika dikatakan air terjun ini memiliki spot foto yang ciamik. Keindahan air yang mengalir dari puncak tebing dan hijaunya pepohonan sekitarnya menjadi background yang sangat indah untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Selain berswafoto objek wisata ini pun sangat cocok untuk untuk merelax-kan pikiran, melepas penat dan melupakan sejenak rutinitas sehari – hari dengan ditambah gemercing suara air yang berbenturan dengan bebatuan besar dibawahnya membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Bermain Air Di Air Terjun Sri Gethuk

Jika kalian datang ke objek wisata yang bekaitan dengan air mungkin sangat tidak mungkin untuk kalian lewatkan bukan? Mungkin bermain air atau berenang adalah pilihan yang tepat.

Nah, seperti itulah jika kalian datang mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk ini tetapi tidak bermain airnya, Seperti tidak atau kurang afdol bukan? Diwisata air terjun ini pengunjung dapat berenang sesuka hati dan tidak perlu khawatir, takut tenggelam atau tidak bisa berenang.

Disana kalian dapat menyewa pelampung dan ban yang sekaligus kalian akan ditemani oleh seorang guide local.

Baca juga : Paket wisata jogja harga murah lengkap all in

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi air terjun ini lumayan jauh dari pusat kota Yogyakarta. Tepatnya berada disebelah timur kota Jogja yaitu terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Atau tepat berada di Desa Bleberab, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses jalan menuju Air Terjun Sri Gethuk ini sudah bagus. Jarak dari kota Jogja ke Air Terjun Sri Gethuk ini kurang lebih adalah 32,2 km dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari kota Jogja menuju air terjun ini sekitar 1 jam 35 menit.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Oprasional

Harga tiket masuk air terjun ini tergolong murah dikantong, dan penyewaan perlengkapannya pun murah. Berikut diantaranya:

  • Tiket masuk Rp. 13,000/ orang
  • Parkir motor Rp. 2,000
  • Parkir mobil Rp. 5,000
  • Tiket perahu Rp. 10,000/ orang
  • Sewa ban / pelampung Rp. 2,000

Untuk jam operasional Air Terjun Sri Gethuk ini buka setiap hari Senin – Minggu, dimulai pada pukul 08.00 WIB – 16.30 WIB. Jika kalian ingin mengunjungi tempat ini disarankan datangnya jangan terlalu siang ya.

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk

  • Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk ini sudah tergolong lengkap sebagai penunjang para wisatawan, diantaranya yaitu:
  • Toilet
  • Musholla / tempat beribadah
  • Tempat parkir warung makan
  • Perahu wisata
  • Sewa ban dan pelampung, dsb.

Tips Berwisata Air Terjun Sri Gethuk

  • Pastikan bahwa anda dan rombongan anda dalam keadaan sehat.
  • Waktu yang tepat untuk mengunjungi objek wisata ini yaitu saat pagi hari.
  • Siapkan kamera terbaik kalian untuk mengabadikan setiap moment yang terjadi agar dapat menjadi kenang – kenangan dikemudian hari.
  • Bawalah obat – obatan pribadi jika itu diperlukan
  • Bawalah pakaian ganti jika diperlukan
  • Jika anda membawa anak kecil pastikan berada dalam pengawasan anda.
  • Jagalah lingkungan agar tetap asri, yang paling penting jangan buang sampah sembarangan, atau kalian dapat membawa kantung keresek sendiri untuk mengumpulkan sampah yang kalian tadi pakai.

Sahabat Mawa holiday tercinta, bagaimana sudah cukup belum informasi yang telah admin paparkan diatas? Semoga menjadi referensi untuk kalian semuanya yang akan berlibur ke Yogyakarta.

Dan disana kalian akan menemukan pengalaman menarik yang mungkin tidak akan anda dapatkan di tempat lain. Terimakasih dan selamat berlibur.

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul
Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta

Place Name: Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Place Description: Lokasi wisata air terjun dengan pemandangan asri dan suasana yang menenangkan

  • Fasilitas
  • Suasana
  • Harga

Ringkasan

Tiket masuk Rp. 13,000/ orang
Parkir motor Rp. 2,000
Parkir mobil Rp. 5,000
Tiket perahu Rp. 10,000/ orang
Sewa ban / pelampung Rp. 2,000

Untuk jam operasional Air Terjun Sri Gethuk ini buka setiap hari Senin – Minggu, dimulai pada pukul 08.00 WIB – 16.30 WIB. Jika kalian ingin mengunjungi tempat ini disarankan datangnya jangan terlalu siang ya.

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.