Candi Borobudur – Lokasi, Sejarah Singkat, Misteri & Harga Tiket Masuk

Candi Borobudur – cari Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi ? jika iya, inilah Deskripsi Wisata Sejarah Singkat, Lokasi dan Letak, Misteri dan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur.

Hi sobat Mawa Holiday, jumpa lagi dengan kami Tour & Travel serta PO Bus Pariwisata di Bangung, penyedia Paket Wisata Bandung dan Sewa Bus Murah Bandung,

Pada kesempatan kali ini izinkan kami mengulas salah satu destinasi wisata favorit wisatawan dari program Paket Wisata Bandung Jogja, yaitu Candi Borobudur.

Informasi ini kami sajikan untuk melengkapi daftar tempat – tempat wisata di indonesia yang menarik untuk dikunjungi sebelumnya,

seperti Tempat Wisata di Bandung yang terkenal yakni Kawah Putih Ciwidey, Situ Patenggang Ciwidey, Kawah Rengganis Cibuni, Bukit Jamur, Pemandian Air Panas Cimanggu Ciwidey, ‘

hingga Daftar Tempat Wisata di Bogor yang wajib dikunjungi seperti Taman Safari Cisarua Bogor dan Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul dll.

Nah lalu seperti apakah daya tarik Wisata Candi Borobudur dan seperti apa deskripsi catatan Sejarah Candi Borobudur Lengkap dengan Misteri Candi Borobudur ?

Dimanakah Alamat dan bagaimana cara mengakses Lokasi Letak Candi Borobudur dan Fasilitas wisata apa saja yang bisa kita dapatkan saat pergi liburan ke sana ?

baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, seperti biasa kami akan mengajak sahabat sekalian, untuk mengetahui jawabannya di bawah ini,

semoga penjelasan kami di bawah ini, secara gamblang bisa menjawab banyak pertanyaan – pertanyaan dari calon wisatawan yang sering ditanyakan kepada kami,

seperti Kapan Candi Borobudur didirikan ?, lalu Candi Borobudur Peninggalan Kerajaan Apa dan Siapa ? serta Bagaimana Bentuk Bangunan Candi Borobudur.

Candi Borobudur

Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Source Via IG diankasmalaputri

Sahabat Mawa Holiday, apakah anda tahu bahwa Borobudur ternyata tidak hanya merupakan salah satu candi terbesar di Indonesia akan tetapi juga terbesar di dunia .

Lokasi Candi Borobudur sendiri lokasinya berada terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah indonesia.

Selain menjadi obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik dalam maupun mancanegara setiap saat,

Borobudur juga adalah salah satu lokasi pusat peribadatan bagi seluruh penganut agama Buddha, baik yang berasal dari Indonesia dan negara lainnya di dunia.

Dan biasanya para pemeluk agama tersebut berkumpul pada setiap perayaan Waisak.

Candi Borobudur dibangun pada masa 750 – 800 masehi oleh wangsa syailendra, jauh sebelum Candi Angkor Wat di Camboja dibangun, dan bangunan-bangunan neo renaissance  di Eropa,

saat ini bangunan candi ini dicatat oleh UNESCO sebagai monumen dan kompleks stupa termegah serta terbesar di yang pernah ada di dunia.

Pada masa keemasan perkembangan agama budha di dunia yaitu sekitar abad 9 hingga 11 masehi, Candi borobudur adalah pusat peribadatan umat budaha seluruh dunia,

pada saat itu borobudur menjadi tempat yang ramai dikunjungi para peziarah umat Buddhaseperti dari India, Kamboja, tibet dan cina yang tertarik memperdalam ajaran agama budha.

Gambar Relief Candi Borobudur

Gambar Isi Relief Candi Borobudur

Source Via IG rahadiff.fdlh

Tidak hanya megah dan besar dalam segi ukuran bangunan, dinding Candi  pun dipenuhi dengan pahatan 2672 panel relief yang jika disusun berjajar akan mencapai panjang 6 km!

Hal ini dipuji sebagai ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia, tak tertandingi dalam nilai seni dan sejarah mana pun di dunia.

Isi Relief Candi Borobudur bercerita tentang 4 kisah utama yakni Karmawibangga, Lalita Wistara, Jatakamala – Awadana, serta Gandawyuda.

Selain mengisahkan bagaimana Sang Budha berjuang melakoni hidup serta menyebarkan ajaran agamanya juga merekam kehidupan masyarakat Jawa pada masa itu.

Bukti bahwa nenek moyang Bangsa Indonesia adalah pelaut yang ulung dan tangguh dapat dilihat pada 10 relief kapal yang ada.

Salah satu relief kapal dijadikan model dalam membuat replika kapal yang digunakan untuk mengarungi The Cinnamon Route dari Jawa hingga benua Afrika.

Saat ini replika kapal yang disebut sebagai Kapal Borobudur itu disimpan di Museum Samudra Raksa.

Cara Membaca Isi Relief Candi Borobudur

Sahabat, untuk membaca alur cerita Isi Relief Candi Borobudur, maka anda haruslah berjalan mengitari candi searah dengan jarum jam atau istilahnya biasa dikenal dengan pradaksina.

Masuk melalui pintu timur, berjalan searah jarum jam agar posisi candi selalu ada di sebelah kanan, hingga tiba di tangga timur dan melangkahkan kaki naik ke tingkat berikutnya.

Hal ini dilakukan berulang-ulang hingga semua tingkat terlewati dan berada di puncak candi yang berbentuk stupa induk.

Sesampainya di puncak, arahkan pandangan ke sekeliling dimana akan terlihat deretan Perbukitan Menoreh, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu yang berdiri tegak mengitari candi.

Gunung dan perbukitan tersebut seolah-olah menjadi penjaga yang membentengi keberadaan Candi Borobudur.

Kapan Candi Borobudur didirikan ?

Berdasarkan catatan Prasasti Kayumwungan tertanggal 26 Mei 824 Masehi, Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga ,

waktu mendirikannya sekitar abad ke-8 hingga abad ke-9, berbarengan dengan pembangunan Candi Mendut dan Candi Pawon.

Lama waktu pembangunan candi Borobudur ini berlangsung tidak kurang dari 75 tahun dan di arsiteki oleh Gunadarma.

Yang jadi menarik meski pada saat itu belum mengenal komputer dan peralatan canggih lainnya, Gunadarma mampu menerapkan sistem interlock dalam pembangunan candi.

Sebanyak 60.000 meter kubik batu andesit yang berjumlah 2.000.000 balok batu yang diusung dari Sungai Elo,

dan Progo dipahat dan dirangkai menjadi puzzle raksasa yang menutupi sebuah bukit kecil hingga terbentuk Candi seperti yang bisa kita nikmati keagungannya.

Bagaimana Bentuk Bangunan Candi Borobudur ?

Bangunan Candi Borobudur

Source VIA IG wargamagelang

Borobudur tidak hanya memiliki nilai seni yang teramat tinggi, karya agung yang menjadi bukti peradaban manusia pada masa lalu ini juga sarat dengan nilai filosofis.

Mengusung konsep mandala yang melambangkan kosmologi alam semesta dalam ajaran Buddha, bangunan megah ini dibagi menjadi tiga tingkatan atau 3 Zona,

yaitu dunia hasrat atau nafsu ( Kamadhatu ), dunia bentuk  ( Rupadhatu ), dan dunia tanpa bentuk  atau Arupadhatu.

Jika dilihat dari ketinggian, bentuk bangunan Candi Borobudur itu tampak terlihat laksana ceplok teratai di atas bukit.

Dinding-dinding candi yang berada di tingkatan Kamadatu dan Rupadatu sebagai kelopak bunga, sedangkan deretan stupa yang melingkar di tingkat Arupadatu menjadi benang sarinya.

Stupa Induk melambangkan Sang Buddha, sehingga secara utuh Borobudur menggambarkan Buddha yang sedang duduk di atas kelopak bunga teratai.

Deskripsi Candi Borobudur

Sahabat Mawa Holiday, Menikmati eksotisme kemegahan maha karya leluhur bangsa Borobudur tidak hanya cukup dengan berjalan menyusuri lorong dan naik ke tingkat teratas candi untuk mengamati Relief.

hal menarik lainnya yang tidak boleh sahabat lewatkan adalah menyaksikan Borobudur Sunrise dan Borobudur Sunset dari atas candi.

Siraman cahaya mentari pagi yang menerpa stupa dan arca Buddha membuat keagungan dan kemegahan candi lebih terasa. S

edangkan berdiri di puncak candi di kala senja bersama deretan stupa dan menyaksikan sinar matahari yang perlahan mulai lindap akan menciptakan perasaan tenang dan damai.

Nah, sahabat traveller’s seperti itulah deskripsi akan salah satu cagar budaya yang sangat tidak ternilai harganya yang termasuk ke dalam salah satu keajaiban yang ada di dunia, Candi Borobudur.

Karena khusus pembahasan Candi Borobudur ini sangat panjang, maka penulis membaginya ke dalam beberapa sub judul tentang candi Borobudur seperti yang tempak di bawah ini.

Nah untuk melanjutkan mengetahui sejarah perjalanan Candi  yang sangat eksotis yang ada di Yogyakarta ini seperti sejarah candi Borobudur,

lalu misteri, daya tarik wisata, letak atau lokasi serta harga tiket masuk ke Candi borobudur, silahkan anda tinggal membuka link tautan yang telah tersedia di bawah ini.

Sejarah Candi Borobudur, Peninggalan Kerajaan Apa/Siapa ?

Sahabat Mawa Holiday, Borobudur mulai dibangun kira kira di tahun 800 Masehi atau sekitar abad ke-9.

Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Budha Mahayana saat periode pemerintahan Wangsa Syailendra.

Candi ini dibangun pada zaman kejayaan dinasti Syailendra.

Pendiri Candi Borobudur adalah Raja Samaratungga yang berasal dari wangsa atau dinasti Syailendra.

Candi ini dibangun kira kira tahun 824 Masehi serta selesai kurang lebih menjelang tahun 900 Masehi ketika masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani ( putri raja Samaratungga )

Arsitek dan Pemberi Nama Candi Borobudur

Sedangkan sang arsitek yangg berjasa mendesign candi ini menurut cerita sejarah adalah Gunadharma.

Kata Borobudur sendiri berdasarkan bukti dan fakta tercatat yang ditulis oleh Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jendral Britania Raya yang kala itu berkuasa di pulau Jawa,

dialah yang memberikan nama Borobudur pada candi ini.

Tak ada bukti tercatat yang lebih lama yang bisa menjelaskan nama Borobudur kepada candi ini.

Satu-satunya dokumen tertua yg bisa menunjukkan keberadaan candi ini yaitu kitab Nagarakretagama, yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365.

Di dalam kitab tersebut hanya tertulis bahwa candi Borobudur ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk melakukan meditasi para penganut umat Budha pada waktu itu.

Arti Nama Candi Borobudur

Sahabat Mawa Holiday, seperti yang telah kami singgung di atas, bahwa arti nama Borobudur itu sendiri bisa diartikan dengan “Biara di perbukitan”,

yang mana kata tersebut berasal dari kata “bara”  yang berarti candi atau biara  dan kata  “beduhur”  berarti perbukitan atau kawasan tinggi di dalam bahasa Sansekerta.

Oleh sebab itu, sangat sesuai kiranya dengan makna yang terkandung dalam nama Borobudur itu sendiri,

yaitu bahwa lokasi kawasan ini sejak zaman dulu memang telah dimanfaatkan sebagai lokasi pusat peribadatan bagi  penganut ajaran Buddha.

Sebenarnya Candi Borobudur pernah selama berabad-abad lamanya tidak bisa dipergunakan sebagai lokasi peribadatan.

Hal itu dikarenakan karena letusan gunung berapi, sehingga sebahagian besar bangunan di kawasan Candi Borobudur tertutup dengan tanah vulkanik letusan gunung berapi tersebut.

Tidak Hanya itu, bangunan candi pun bahkan tertutup oleh beragam pepohonan & semak belukar tatkala berabad-abad, dan tidak terawat.

Dan puncaknya adalah ketika ajaran islam di abad ke 15 masuk ke indonesia, candi borobudur beenar-benar tenggelam dan terlupakan.

Kapan Candi Borobudur ditemukan ?

Di tahu1814 waktu Inggris memasuki Indonesia, Sir Thomas Stamford Raffles mendengar adanya penemuan benda purbakala berukuran raksasa di desa Bumisegoro daerah Magelang.

Dengan dasar ketertarikannya terhadap sejarah pulau Jawa, maka Raffles pun segera memerintahkan H.C. Cornelius,

dia adalah salah satu orang teredekatnya yang merupakan insinyur Belanda, utk mengamati lokasi tempat penemuan candi yg diwaktu itu berupa bukit yg dipenuhi semak belukar.

Maka Cornelius pun ditemani sekitar 200 orang mulai menebangi semua pepohonan yang tumbuh di bukit tersebut dan menyingkirkan semua semak belukar yg menutupi bangunan candi raksasa tersebut.

Setelah proses pembersihan tersebut akhirnya Rafles mendapati sebagaian besar bangunan candi sudah dalam kondisi yang rapuh serta dapat runtuh sewaktu-waktu,

oleh karena itu Cornelius pun melaporkan keadaan tersebut terhadap Raffles beserta penemuan sejumlah gambar.

Lantaran penemuan itu, Raffles pun akhirnya mendapatkan penghargaan dan turut serta dalam proses awal pemugaran Candi Borobudur yang waktu itu berhasil mendapat perhatian dunia.

Tepat di sekitar tahun 1835, semua lokasi bangunan candi yang tertutupi tanah berhasil digali, dan Candi borobudur pun terus direnovasi selama masa penjajahan Belanda.

Sesudah Indonesia merdeka, tepat di tahun 1956, pemerintah Indonesia pada waktu itu telah meminta bantuan kepada UNESCO untuk meneliti seberapa besar kerusakan candi Borobudur.

Dan tepat di sekitar tahun 1963, dikeluarkanlah peraturan pemerintah Indonesia dalam program untuk melakukan proses renovasi atau pemugaran Candi Borobudur dengan bantuan dari UNESCO.

Akan Tetapi tahap renovasi atau pemugaran ini baru bisa berjalan atau dilaksanakan mulai pada tanggal 10 Agustus 1973, dan Proses pemugaran tersebut baru bisa selesai pada tahun 1984.

Kemudian selang beberapa tahun, tepatnya pada tahun 1991, Candi Borobudur pun ditetapkan sebagai World Heritage Site atau Warisan Dunia oleh UNESCO.

Misteri Candi Borobudur

Misteri Candi Borobudur

Source VIA IG ferrapuspita

Sahabat Mawa Holiday, kalau di atas kita sudah memebedah seputar sejarah sebuah bangunan yang menjadi situs arkeologi candi Budha terbesar di dunia,

dan tercatat pernah menjadi salah satu bangunan fenomenal dari Seven’s World Wonder , sehingga kepopulerannya sudah tak asing lagi bagi masyarakat dunia.

Di balik kemegahan nilai budaya serta arsitektur bangunannya, ternyata Borobudur menyimpan begitu banyak misteri yang tidak terpecahkan ?

dan berikut adalah beberapa cerita misteri seputar candi borobudur yang hingga kini masih misterius dan menarik untuk anda ketahui .

1. Asal Nama Borobudur 

Sahabat, tahukah anda bahwa sekian beratus-ratus tahun  lamanya, bangunan candi Borobudur telah terkubur begitu lama di bawah tanah ?

Namun baru pada tahun 1814, ketika Gubernur Jendral Inggris yang saat itu tengah bertugas di pulau Jawa, Thomas Stamford Raffles, mulai tertarik dengan misteri Borobudur.

Raffles jugalah orang pertama yang menuliskan nama ” Borobudur ” dalam bukunya yang berjudul ” History of Java “.

Hingga kini, tak ada seorang pun yang mengetahui asal mula nama candi yang saat terkubur dalam gundukan tanah itu

justru terlihat menyerupai sebuah bukit penuh semak belukar yang ditumbuhi oleh banyak pepohonan.

2. Bahan Bangunan dan Teknologi untuk Mendirikan Candi Borobudur

Sahabat Mawa Holiday, Misteriusnya Candi Borobudur selanjutnya diungkap serta dikuatkan argumentasinya oleh Purnomo Siswoprasetjo ,

beliau adalah Direktur Utama dari Taman Wisata Candi (TWC) Brorobudur Prambanan Ratu Boko (Persero).

Beliau mengungkapkan salah satu dari misteri besar dari Borobudur yakni bagaimanakah manusia pada zaman itu membangun bangunan candi yang sangat luar biasa luasnya ?

Sebab dari logika dan fakta ilmiah, asal muasal bebatuan besar yang menjadi bahan dasar pembuatan candi serta teknologi yang digunakan untuk membangunnya,

serta mengangkat lalu menyusun batu-batu tersebut hingga dapat menghasilkan suatu bangunanyang sangat megah dan menakjubkan tersebut hingga kini masih menjadi sebuah misteri yang belum terpecahkan.

bukan hanya itu, menurut sejumlah pakar arkeolog, pertanyaan dimanakah lokasi pembuatan serta tempat pengukiran dan pemahatan batu-batu penyusun candi ini dibuat,

masih menjadi tanda tanya besar yang hingga kini belum dapat terpecahkan juga.

Mereka hingga saat ini masih mencari-cari dimanakah lokasi ” Tempat Pembuatan Candi Misterius ” dari lokasi pengukiran dan pemahatan batu berukuran besar dan berjumlah banyak tersebut.

3. Letak Candi Borobudur Berada di atas Danau Purba 

Sahabat Mawa Holiday, jika anda pernah ke borbodur bukan ?  pada saat kita berada di lokasi paling atas candi borobudur, coba perhatikan ternyata lokasi Candi ini ternyata berada di tempat yang ” tak wajar “,

Dimana borobudur berada di atas sebuah bukit yang diapit dua pasang gunung kembar, yaitu Gunung Sindoro-Sumbing dan Merbabu-Merapi,

dan ini jelas sangat berbeda jika dibandingkan dengan bangunan candi-candi lainnya yang didirikan di atas tanah dataran biasa.

Pada tahun 1931, seorang seniman sekaligus pakar arsitektur Budha bernama W.O.J. Nieuwnkamp pernah mengungkapkan sebuah teori untuk mengungkap misteri borobudur,

dimana dia menjelaskan bahwa Daratan Kedu ( lokasi Borobudur menurut legenda Jawa) adalah merupakan sebuah danau purba.

meski masih menjadi pro kontra ilmuan, Candi Borobudur ini katanya didirikan atas dasar lambing bunga teratai yang mengapung di atas permukaan danau.

Dalam satu bukunya yang berjudul ” The Geology of Indonesia “, ilmuwan lainnya bernama Van Bemmelen juga pernah mengemukakan teori tentang misteri candi ini,

bahwa piroklastika dari Merapi yang pernah meletus secara besar-besaran pada tahun 1006 tersebut telah menutupi danau Borobudur sehingga membuat danau tersebut menjadi kering dan lenyap dalam sejarah.

bahkan Purnomo [ Direktur Utama dari Taman Wisata Candi (TWC) Brorobudur Prambanan Ratu Boko (Persero) ]

yang telah disebutkan pada poin 2  juga memberikan pendapatnya tentang dugaan Borobudur yang dibangun di tengah danau purba ini.

Menurutnya di sekitar candi terdapat sebuah sumur berair asin. Namun sumur asin tersebut tidak terletak di seluruh daerah, hanya di beberapa titik tertentu saja.

Ia juga menyebutkan bahwa pertanyaan Van Bammelen tersebut sangat menarik perhatian para ilmuwan asing sehingga membuat mereka berdatangan,

dan melakukan penelitian khusus untuk mengungkap kebenaran danau purba yang masih menjadi misteri tersebut.

Biasanya mereka tinggal selama satu hingga dua minggu di situ.

Salah satu cara untuk mengungkap misteri tersebut adalah dengan meneliti sungai-sungai yang terletak di lingkungan sekitar candi,

termasuk Sungai Progo dan Elo serta masyarakat yang tinggal di sekitar candi.

4. Misteri Angka 1 Candi Borobudur

Sahabat Mawa Holiday, ada hal menarik lainnya juga untuk kita perhatikan seputar cerita borobudur yang misterius,

Jika diamati secara matematik, beberapa bilangan yang ada dari candi Borobudur ini, jika dijumlahkan angkanya akan selalu menghasilkan angka 1.

Perhitungannya adalah seperti berikut ini : Total dari tingkatan candi borobudur adalah 10, jika 10 tersebut dijumlahkan hasilnya : 1 + 0 = 1.

Total stupa di arupadhatu yang ada patung-patung didalamnya ada : 32 + 24 + 16 + 1 = 73, angka 73 bila dijumlahkan hasilnya: 10 dan seperti diatas 1 + 0 = 1.

Keseluruhan jumlah total patung di Candi Borobudur ada 505 buah. Bila angka-angka didalamnya dijumlahkan, hasilnya 5 + 0 + 5 = 10 dan juga seperti diatas 1 + 0 = 1.

5. Misteri Borobudur dalam Islam

Sahabat Mawa Holiday,  ada hal misterius lainnya seputar candi ini, dan diyakini ini cerita misteriusnya yang jauh lebih fenomenal, dan apakah itu ?

Tahukah anda bahwa di dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli terungkap bahwa yang disebutkan Negeri Saba dalam ayat Al-Quran ternyata adalah Indonesia ?

Dengan asumsi bahwa pulau Jawa adalah sebagai pusat dari pemerintahan negeri Saba ini.

Keberadaan Arsy Saba sendiri adalah candi borobudur yang dipindahkan dari candi ratu boko atas perintah Nabi Sulaiman AS.

Selama ini orang mungkin berpendapat bahwa arsy saba ini terletak di negeri Yaman atau kawasan timur tengah tanah Arab.

Nah adapun fakta untuk menguatkannya adalah adanya 12 poin penting yang menjadi bukti bahwa Negeri Saba berada di Jawa bukanlah di Yaman ini tertuang dalam Al-Quran.

Candi Borobudur Tersurat di Ayat Al’ Quran ?

Sahabat traveller’s apabila melihat sejarahnya di atas yang sudah kita baca, bahwa Candi Borobudur didirikan pada abad ke 8.

Namun menurut teori masa lalu, yaitu penelitian yang dilakukan pada batuan yang terdapat masih di candi tersebut, dan kesimpulan menariknya adalah,

bahwa candi borobudur tidak dapat dihitung umurnya menggunakan isotop C, sehingga memunculkan hipotesa bahwa Candi Borobudur tidaklah dibangun pada abad ke-8.

Alasannya kenapa ? Janganlah lupa, bahwa ‘Phenomena 19’ yang disebutkan dalam Al-Quran tersebut berasal dari kalimat : Bismillaahhirrahmaanirrahiim’, yang terdapat 19 huruf didalamnya.

Kalimat tersebut beliau kirimkan kepada Ratu Saba dalam kop surat yang diberikannya.

Berikut isi surat yang disampaikan Nabi Sulaiman :

”Allaa ta’luu ‘alaiyya, wa’tuunii muslimin” (Jangan menyombong kepada ku dan datanglah kepada ku dengan menyerah diri).

Dapat diambil kesimpulan bahwa Phenomena 19 itu sudah diketahui oleh Nabi Sulaiman.

Phenomena 19, Candi Borobudur Peninggalan Siapa ?

Oleh karena itulah terdapat Phenomena 19 pada Candi Borobudur ini.

Oleh karena pembuatan Candi Borobudur dibuat oleh manusia dan juga makhluk sebangsa Jin,

maka segaris lurusnya antara 3 candi yaitu : Pawon, Mendut dan Borobudur, bukanlah sebuah hal kebetulan. Karena Jin dapat melihatnya dari atas.

Untuk apa mereka membuat ketiga candi itu segaris lurus ?

Mereka membuat ketiga candi itu segaris lurus adalah untuk membuat sebuah gambar Gerhana.

Dengan demikian mereka mendeskripsikan bahwa Candi Borobudur itu adalah gambar Matahari, sedangkan Candi Mendut adalah gambar Bumi.

Itu sebabnya mengapa Candi Mendut mewakili golongan manusia. Dimana pada candi tersebut, terdapat sebuah patung berwujud manusia, disamping itu karena sebagai wakil penduduk bumi adalah manusia.

Mengapa Borobudur itu merupakan gambar matahari ?

Hal itu dikarenakan si Ratu Saba’ itu, dahulunya menyembah matahari, sehingga singgasana atau ‘Arsy dia pergunakan bernuansa matahari.

Mengapa candi-candi itu menggambarkan Mihrab-Mihrab??

Ya begitu disebut di dalam Al-Quran, jin-jin yang bekerja atas paksaan Sulaiman itu, mereka membuat mihrab-mihrab.

Adalah Fahmi Basya yang memiliki pendapat Candi Borobudur itu adalah sebuah peninggalan dari Nabi Sulaiman.

Wisata Candi Borobudur

Sunrise Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Source Via IG nat.halie.w

Sahabat Mawa Holiday, ketika anda berkunjung ke salah satu tempat wisata di jawa tengah Indonesia ini ,

kami jamin akan ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda lakukan bersama keluarga atau pun sahabat selama berada di kawasan candi Buddha paling besar di dunia ini,

Apakah saja itu ? yuk kita simak kupasannya satu persatu di bawah ini ;

1.Wisata Edukasi Sejarah dan Budaya

Sahabat Mawa Holiday, seperti yang sudah penulis jelaskan juga di atas, bahwa di Borobudur terdapat relief yang apabila dibentangkan panjangnya hampir kurang lebih 6 Km.

Nah apabila sahabat menyukai keilmuan di bidang seni sastra, budaya dan juga sejarah, mengeksplorasi relief Candi Borobudur tentunya akan menjadi pengalaman yang menarik.

Untuk dapat membaca cerita relief ini secara berurutan, anda harus berjalan mengitari candi searah putaran jarum jam yaitu dari kiri ke kanan.

Mulailah dari pintu timur di tingkatan terbawah dan berjalanlah memutar sampai kembali ke pintu awal kemudian naik tangga ke tingkatan berikutnya.

Lakukan hal ini terus-menerus sampai ke tingkatan teratas untuk mendapatkan cerita yang berurutan dan utuh. Anda mengalami kesulitan membaca cerita di relief?

Tak perlu bingung karena ada jasa pemandu yang siap membantu Anda.

2. Kegiatan Fotografi

Candi Borobudur

Source VIA IG issyllahutabarat

Sahabat Mawa Holiday, Tempat wisata di Yogyakarta ini menawarkan banyak sekali sudut-sudut spot foto Candi dengan background alam sekitarnya,

yang pastinya akan sangat menarik bagi Anda  sebagai tempat wisata yang instagramable para penyuka kegiatan fotografi.

Untuk mendapatkannya sudut terbaik, anda bisa  berkeliling kawasan wisata candi borobudur  serta cari angle yang pas untuk memotret yang sesuai dengan feeling anda.

2 hal spesial bisa anda dapatkan di Candi Borobudur untuk kegiatan fotografi adalah saat Sunset di Borobudur dan Sunrise Borobudur .

Temukan sensasi keindahan pemandangan matahari terbit dan terbenam di Borobudur Temple yang cantik dengan mendokumentasikannya.

Datanglah pada momen yang tepat, siapkan kamera Anda dan selamat mengabadikan pemandangan cantiknya.

3. Wisata Belanja

Sahabat Mawa Holiday,  tidak afdol apabila kita mengunjungi suatu kawasan wisata di indonesia, kemudian sebelum pulang ke kota masing-masin,

jika kita tidak memperhatikan secara khusus untuk berburu belanjan aneka cindera mata yang bisa kita jadikan sebagai oleh-oleh sekembalinya kita ke rumah bukan ?

Nah saat kita berwisata di Borobudur, tak jauh dari kompleks Candi , anda bisa menemukan barisan kios atau toko suvenir yang menjual aneka oleh – oleh khas borobudur.

beragam barang dan aksesoris seperti topi, kaos, tas, lukisan, patung – patung hingga gantungan kunci dan miniatur candi mudah kita dapatkan di sana.

Masalah harga jangan khawatir, sangat bervariasi, dan untuk mendapatkan souvenir tidak perlu anda membeli barang yang di luar jangkauan isi dompet ada bukan,

yang penting bisa beli dan ada oleh-oleh khas candi borobudur yang bisa kita bawa pulang.

4. Jalan-jalan di sekitar kompleks candi borobudur

Sahabat Mawa Holiday, areal di sekitar kompleks Candi Borobudur ini terdapat pelataran taman yang hijau dengan rerumputan dan pepohonan yang luas sekali.

Nah untuk itu, di sana pun anda bisa berkeliling menikmatinya, baik dengan berjalan kaki atau anda bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi tempat wisata ini.

nikmatilah kegiatan asyik berputar-putar mengelilingi kawasan candi ini dengan bersuka cita, menatap alam sekitar yang sangat indah di dekat benda budaya yang sangat luar biasa,

yang oleh karenanya bangsa asing pun sangat kagum dengan maha karya nenek moyang kita, kenapa kita menyia-nyiakan untuk tidak menikmatinya dari dekat ?

VW Cabrio Tour Desa – Desa Borobudur

Sahabat traveler’s, inilah paket wisata menarik yang bisa anda nikmati saat mengunjungi objek wisata candi ini, jalan – jalan mengeksplorasi desa – desa di sekitar dengan naik mobil vw.

Tour Andong

Sahabat Mawa Holiday, inilah salah satu aktifitas wisata menarik dan seru di sekitar candi, jalan – jalan melihat dari dekat budaya dan kehidupan masyarakat sekitar borobudur.

Safari Gajah

Sahabat Mawa Holiday, aktifitas wisata menarik lainnya yang bisa anda lakukan di borobudur adalah sensasi naik gajah melintasi sungai, sawah, bukit dan desa sekitar candi.

5. Sendratari Ramayana

Inilah salah satu atraksi seni budaya yang bisa kita nikmati saat berwisata di tempat wisata ini, dimana suguhan eksotis penari yang membawakan tarian khas jawa diiringi dengan suara merdu gamelan.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur 2018 – 2019 ( Wisatawan Domestik )

Sahabat Mawa Holiday, Bagi anda yang tertarik mengunjungi salah satu tempat wisata yang murah di indonesia ini,

kami informasikan bahwa harga tiket masuk ke candi borobudur terbaru 2019 tidak mengalami kenaikan dan masih sama dengan harga tiket masuk borobudur di tahun sebelumnya 2018.

Dan berikut adalah Daftar Harga Tiket Masuk Taman Wisata Candi Borobudur yang penulis dapatkan dari situs resminya :

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Candi Borobudur

TiketDewasa
( >10 Thn )
Anak
( 3 > 10 Thn )
TWC Borobudur40.00020.000
Paket TWC Borobudur
Pawon
Mendut
60.00030.000
Paket Terusan
Borobudur
Ratu Boko
75.00035.000
Paket Terusan
Borobudur Prambanan
75.00035.000
Paket Terusan
Borobudur Ramayana
150.000135.000
TWC Borobudur ( Rombongan )20.00020.000
Paket TWC Borobudur
Mendut
Pawon
( Rombongan )
30.00030.000
Catatan :

1. Harga Sudah Termasuk Premi Asuransi Rp.500/orang
2. Harga Rombongan Minimal Peserta 20 Orang

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Candi Borobudur 2018 – 2019 ( WNA )

Sahabat traveler’s, untuk harga tiket masuk candi borobudur untuk Turis Asing : USD 20 ( Weekday + weekend + Libur ),

Sahabat traveler’s, untuk sementara tiket parkir kendaraan, Parkir Bus di Candi Borobudur yang terakhir Rp.15.000

Jam Buka Candi Borobudur

Sahabat Mawa Holiday, stelah membaca artikel kupasan tentang salah satu cagar budaya milik dunia dan termasuk ke dalam salah satu keajaiban yang terdapat di muka bumi,

sudah sangat pantas kiranya bagi kita yang merasa menjadi warga negara indonesia untuk mengetahui peninggalan sejarah hasil karya leluhhur kita yang sangat luar biasa ini.

Dan untuk menikmati sensasi wisata yang ada di dalam kompleks candi borobudur, berikut adalah informasi tentang jam buka wisata candi borobudur adalah mulai dari pukul 06.00 s/d 17.00.

Alamat Candi Borobudur

Sahabat Mawa Holiday, bagi anda yang akan berkunjung ke Candi Borobudur penulis yakin anda akan dengan sangat mudah menemukan lokasi wisata di Magelang yang terkenal ini,

karena selain sudah populer, akses kendaraan ke tempat wisata di jawa tengah ini pun sudah sangat baik.

Jadi apabila anda mau berkunjung ke sini, kemudian anda menggunakan transfortasi umum maka sudah bisa dipastikan anda akan mudah mencapai lokasi ini.

Untuk alamat candi borobudur sendiri adalah lokasinya berada di Kecamatan Borobudur, sekitar 3 km dari Kota Mungkin ibukota Kabupaten Magelang, Jawa Tengah [ Peta Lokasi ]

Sebagai tambahan informasi, penulis juga di bawah ini memberikan alamat kantor pengelola dan pelayanan candi borobudur resmi apabila anda berniat untuk pemesanan tempat dan tiket,

terutama bagi anda yang berencana datang ke borobudur dalam jumlah banyak atau rombongan.

Peta Lokasi Candi Borobudur

Daftar Nomer Telepon Candi Borobudur ( Reservasi & Pemesanan Tiket Resmi )

Sahabat traveller’s, seperti diketahui bahwa kawasan taman arkeologi yang mengelilingi situs Candi Borobudur , sejak tahun 1992 dikelola oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko,

berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Tahun 1992 tentang Pengelolaan Taman Wisata Candi Borobudur dan Taman Wisata Candi Prambanan serta Pengendalian Lingkungan Kawasannya.

PT TWC yang sudah berdiri sejak tahun 1980 ini sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pengelolaan kawasan pusaka mendapatkan supervisi langsung dari Kementerian Negara BUMN.

Supervisi teknis pelestarian didapatkan dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata melalui Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala.

1. Kantor Pusat (Head Office)

Jl. Raya Yogya – Solo Km 16 Prambanan, Sleman, D.I. Yogyakarta 55571 Indonesia
phone : +62 274 496 402, 496 406
fax. : +62 274 496 404
e-mail : corporate@borobudurpark.co.id, jamari@borobudurpark.co.id (Jamari)

2. Kantor Unit Borobudur (Borobudur Temple – Unit Office)

Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553 Indonesia
phone : +62 293 788 266
fax. : +62 293 788 132
e-mail : borobudur@borobudurpark.co.id, pujosuwarno@borobudurpark.co.id (Pujo Suwarno)

3. Kantor Perwakilan Jakarta (Jakarta Representative Office)

Menara Batavia Lantai 25 Jl. K.H. Mas Mansyur Kav 126 Jakarta 10220 Indonesia
phone : +62 21 5793 0331
fax. : +62 21 5793 0330
e-mail : jakarta@borobudurpark.co.id

SMS Visitor Center

ketik Candi kirim ke 7263 (Telkomsel) atau 9600 (operator lain) +62 293 788 266

Dapatkan juga Promo Harga Tiket, Event atau Kegiatan terbarunya dengan follow akun sosial media Instagram : @borobudurpark, Facebook : borobudurpark , Twitter :  @borobudurpark

Hotel di sekitar Candi Borobudur

Sahabat Mawa Holiday, tentunya akan sangat berkesan apabila kita berlibur untuk menikmati beragam pesona wisata yang ada di yogyakarta tidak dalam waktu yang sebentar,

Termasuk salah satunya adalah bagaimana cara menikmati eksotisme dan romantisme keagungan cagar benda budaya nasional dan dunia candi Borobudur dengan nyaman,

Nah salah satunya adalah dengan cara bermalam atau menginap di tempat penginapan yang ada di sekitar yogyakarta adalah pilihan tepatnya.

Seperti kita ketahui, rata-rata pengunjung yang berkunjung ke candi borobudur ini selalu memilih bermalam atau menghabiskan waktu beberapa hari untuk bisa menikmati aneka ragam wisata yang ada di sana,

maka berikut ini kami rekomendasikan anda untuk memesan kamar hotel dari sekarang juga dengan cara online.

Selain alasan yang sangat mudah, dimana anda tidak perlu direpotkan pas pertama datang ke kota yogyakarta anda harus mencari hotel yang nyaman dan aman,

maka dengan reservasi hotel via online, maka waktu jelas akan jadi berharga.

Hotel Murah Dekat Candi Borobudur

Nah, untuk itu kami rekomendasikan kepada anda untuk pemesanan kamar hotel di sekitar candi borobudur menggunkan jasa layanan partner kami agoda.com.

Perlu anda tahu booking.com adalah situs pemesanan online terpopuler dan nomer 1 di dunia yang memegang prinsip layanan jaminan harga lebih baik, lebih murah, pemesanan dan pembatalan gratis !!,

sangat simple dan memudahkan rencana wisata anda bukan ?

nah untuk itu, hari ini khsusus untuk anda, dapatkan DISKON 70% untuk sewa kamar Hotel di sekitar candi Borobudur, silahkan informasinya buka di sini : Agoda.com

Nah, sahabat demikianlah informasi Lokasi & Letak, Deskripsi Sejarah Singkat, Relief Sejarah dan Misteri, Fasilitas & Atraksi dan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur.

 

 

Sumber Referensi :  Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Place Name: Candi Borobudur

Place Description: Taman Wisata Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

More...

  • Candi Borobudur
  • Fasilitas Wisata
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Candi Borobudur
Alamat/Lokasi : Jl.Badrawati, Magelang Jawa Tengah
Harga Tiket Masuk : Mulai Rp.20.000
Fasilitas : Atraksi Seni, Kuliner & Belanja

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.