Beranda » Tips Wisata » Bandung » 6 Hal Menarik Dari Taman Hutan Raya Djuanda

6 Hal Menarik Dari Taman Hutan Raya Djuanda РHallo sahabat Mawa Holiday, apakah dalam waktu dekat ini anda sedang merencanakan perjalanan wisata ke Kota  Bandung ?

Sudah mencari di beberapa sosial media termasuk google namun belum menemukan objek wisata recommended yang menarik untuk di kunjungi ?

Jika demikian adanya maka cobalah untuk mengunjungi Taman Ir H Djuanda, selain tempat nya yang asik di area ini juga memiliki udara yang sangat sejuk.

Nah di bawah ini admin telah merangkum 6 hal menarik dari Taman Hutan Raya Djuanda, seperti apasajakah ulasan nya, mari kita simak artikel ini.

Hal Menarik Dari Taman Hutan Raya Djuanda

Hal Menarik Dari Taman Hutan Raya Djuanda

6 Hal Menarik dari Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda adalah salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Kota Bandung. Disebut juga dengan THR Djuanda.

Luas kawasan hutan ini membentang sampai 590 ha dari Pakar sampai Maribaya. Susana hutan yang dihasilkan menjadi daya tarik tersendiri. Karena disini tersedia kurang lebih 2.500 jenis tanaman yang tumbuh dan menarik.

Lokasi

Jalan Pakar Kulon No.13, Ciburial, , Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, 40198.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

THR Djuanda ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai dengan jam 4 sore. Sedangkan harga tiket masuknya adalah Rp12 ribu untuk domestik. Sedangkan wisatawan mancanegara adalah Rp52 ribu. Selanjutnya untuk biaya tiket masuknya masih terjangkau.

Karena untuk biaya tiket motor adalah Rp6 ribu, mobil Rp12 ribu, dan bus Rp22 ribu.

Syarat dan Ketentuan Masuk:

  1. Harga tiket masuk di atas sudah meliputi biaya tiket masuk terusan menuju Tahura Maribaya sampai dengan Tebing Keraton.
  2. Untuk proses reservasi bisa dilakukan secara online melalui situs www.tahuraworld.com/reservasi.
  3. Sebelum masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung wajib mencuci tangan dengan sabun dulu.
  4. Setiap pengunjung diharapkan melakukan pembayaran secara non tunai dan selalu mematuhi peraturan protokol kesehatan selama berkunjung ke kawasan ini.

Baca Juga : Paket wisata The Lodge Maribaya

Hal Menarik Dari Taman Hutan Raya Djuanda

Hal Menarik Dari Taman Hutan Raya Djuanda

6 Daya Tarik dari Taman Hutan Raya Djuanda

Ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan ketika berkunjung ke tempat ini. Terdapat berbagai macam kegiatan menarik bertema petualangan alam.

Mulai dari trekking, hiking di gua, berolahraga, dll. Di bawah ini adalah 6 hal menarik yang dapat dinikmati disini, antara lain:

Gua Belanda

Tempat ini kabarnya diperkirakan berusia kurang lebih 111 tahun. Anda akan merasakan suasana dingin secara langsung saat memasuki kawasan guanya.

Gua ini tersusun atas 3 lorong yang terhubung secara langsung. Sementara di bagian sayap kirinya ada sel tahanan perang serta tempat untuk penyimpanan logistik.

Pintu tahanan sel disini masih terlihat seperti aslinya sehingga hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Sedangkan sayap kanan goa-nya ada gang sempit yang akhirnya berujung ke tangga.

Dimana pada zaman dahulu tempat ini digunakan untuk tempat pengintaian. Jalanan di kawasan goa ini cukup rata, sementara dindingnya masih ada besi karat seperti aslinya.

Gua Jepang

Tempat ini terletak 300 meter dari Goa Belanda. Disini terdapat 4 pintu masuk serta 2 lubang penjagaan. Kabarnya proses pembangunan goa yang berada masih dalam 1 komplek Taman Hutan Raya Djuanda ini dulunya menggunakan sistem kerja paksa (romusha).

Goa ini digunakan untuk melindungi diri dari sekutu sekaligus sebagai tempat penyimpanan gudang senjata militer dan logistik.

Menariknya di bagian dalamnya ada goa kecil yang dulunya dimanfaatkan untuk ruang interogasi, penjara, tempat persembunyian, serta lubang-lubang penyimpanan.

Tidak hanya itu saja, goa ini masih berupa bentuk aslinya. Yaitu memiliki dinding dan alas tanah serta bebatuan. Jangan heran juga bila Anda akan melihat sarang sekelompok kelelawar di langit-langitnya.

Air Terjun dan Curug

Ada 3 air terjun yang populer di Taman Hutan Raya Djuanda ini. Yaitu Curug Omas, Curug Dago, dan juga Curug Lalay.

Curug Dago mempunyai ketinggian air terjun setinggi 12 meter. Disini ada 2 prasasti peninggalan dari Raja Thailand. Sementara Curug Omas disebut juga dengan Curug Maribaya.

Karena tempatnya terletak di daerah wisata Maribaya. Ketinggian air terjun ini mencapai 30 meter. Terakhir, Curug Lalay mempunyai ketinggian sama seperti Curug Omas. Namun letaknya masih sedikit tersembunyi di lembah-lembah. Di sisi curugnya ada goa sarang kelelawar.

Museum Ir. H. Djuanda

Anda bisa melihat museum untuk penghormatan kepada tokoh pahlawan nasional kita, yaitu Ir. H. Djuanda. Museum ini memiliki ukuran kurang lebih seluas 8 x 10 meter.

Di dalamnya terdapat berbagai macam penghargaan tokoh pahlawan tersebut. Yaitu ada piagam penghargaan dari negara asing, pemerintah RI.

Serta ada juga medali, wings, dan kancing yang didapatkannya dari berbagai negara seperti Rusia, Malaysia, serta Thailand.

Tidak hanya itu saja, di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda ini juga ada koleksi offset satwa, herbarium, dan artefak purbakala.

Tebing Keraton

Bagi pecinta alam, Anda bisa berkunjung kesini. Kawasannya terletak di area perbukitan sehingga pemandangan alamnya sangat indah.

Anda bisa melihat matahari terbit serta terbenam langsung dari Tebing Keraton ini. Namun untuk masuk ke dalam, ada biaya tiket tambahan (terpisah) serta tiket terusan ke Tahura (1 hari).

Penangkaran Rusa

Disinilah Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi seputar rusa. Mulai dari manfaatnya serta serba-serbinya.

Karena ternyata ada banyak manfaat di semua bagian tubuh rusa. Menariknya, pengunjung Taman Hutan Raya Djuanda bisa memberi makan para rusa ketika berada di penangkaran ini.

Fasilitas

Berbicara tentang fasilitasnya, disini cukup lengkap. Karena Anda bisa beristirahat sambil duduk-duduk di kawasan saung kecil.

Selain itu, bagi wisatawan yang ingin menginap juga bisa dilakukan di beberapa wisma, penginapan, guest house, dan kawasan perkemahan sekaligus. Kemudian untuk yang gemar berolahraga bisa mencoba trek khusus.

Biasanya trek ini digunakan untuk naik sepeda dan jogging. Tidak hanya itu saja, tersedia pula beberapa fasilitas khusus seperti taman bermain, play ground, dan kawasan paintball untuk anak-anak.

Kawasan outbound ini bisa dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa. Selanjutnya untuk fasilitas pendukung yang lain ada mushola, masjid, toilet, dan warung makan di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda.

Tips Wisata Ke Taman Hutan Raya Ir H Djuanda 

  • Pastikan anda dalam keadaan sehat
  • Jangan menggunakan perhiasan terlalu mencolok
  • Siapkan uang cash secukup nya
  • Perjalanan menggunakan motor lebih di rekomendasikan
  • Gunakan layanan paket wisata Bandung dari travel
  • Jadilah pengunjung wisata yang sadar akan kebersihan
Rate this post

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.