Tugu Monas – Fakta Sejarah Dan Sosok Misterius

Tugu Monas – Monas adalah singkatan dari Monumen Nasional, sebuah tempat wisata di jakarta bersejarah berbentuk tugu yang berdiri tegak setinggi 132 Meter atau setara 433 kaki di atas permukaan tanah dan persis berada di tengah ibukota Jakarta, yang dibangun sebagai monumen peringatan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat indonesia untuk berjuang merebut hak kemerdekaan dari penjajahan kolonial Belanda. Dan tahukah anda seperti apa sejarah tugu di jakarta yang puncaknya memiliki emas seberat 50 Kg ini beserta dengan Misteri Monas yang hingga kini masih melingkupi Tugu Monas ?

Halo sahabat traveler’s pecinta wisata indonesia, jumpa lagi dengan saya penulis blog informasi wisata nusantara dari sabang hingga merauke, www.anekawisataindonesia.com yang kali ini akan memberikan anda informasi pertama seputar salah satu tempat wisata di jakarta dan sekitarnya yang terkenal yang wajib anda ketahui dan kunjungi ketika waktu liburan nanti tentunya, yaitu Tugu Monumen Nasional atau Tugu Monas.

Sebelum saya menuliskan secara lengkap sejarah monumen nasional ini, ada baiknya juga saya informasikan bahwa, saya juga sudah menuliskan daftar tempat wisata di indonesia yang menarik lainnya, yang bisa anda jadikan sebagai destinasi wisata anda bersama keluarga, sahabat atau pasangan anda, seperti di daftar tempat wisata di Bogor jawa barat, Daftar tempat wisata di Bandung dan sekitarnya , serta masih banyak yang lainnya seperti Wisata Bali, Papua, Manado hingga Kepulauan Riau.

Tugu Monas

Tugu Monas

Tugu Monas – monumen Nasional Jakarta

Sahabat traveler’s, Jika anda selama ini mengenal menara Eifel yang berada di negara Perancis, maka inilah bangunan monumen berwujud tugu yang populer dengan sebutan monumen nasional, yang ide pembangunannya memang bertujuan untuk menyamai sebuah menara yang merupakan ikon kota Paris Perancis tersebut, salah satu kota mode di eropa dan dunia yang paling terkenal.

Tugu Monumen yang mulai dibangun pada tanggal 17 agustus 1961 atas perintah langsung presiden RI yang pertama Bung karno ini, adalah sebuah tugu yang sangat populer bagi masyarakat indonesia, karena selain terkenal karena tugu ini di puncaknya dimahkotai lidah api yang berlapiskan emas seberat 50 Kg yang menggambarkan semangat perjuangan rakyat indonesia yang selalu menyala, juga di tugu monas ini di dalamnya menyimpan banyak cerita, misteri dan bukti sejarah perjuangan rakyat indonesia.

Sahabat traveler’s, monas selain menjadi ikon ibukota jakarta, dewasa ini telah menjadi destinasi wisata sejarah indonesia berkelas dunia. Sehingga jangan heran, jika tugu monumen nasional di jakarta ini selalu ramai dan dipadati pengunjung setiap harinya apalagi akhir pekan dan waktu musim liburan, baik oleh wisatawan domestik seperti para pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum hingga wisatawan mancanegara, yang datang ke sini untuk melihat langsung bangunan bersejarah ini dengan segala yang ada di dalamnya.

Sejarah Tugu Monas

Sejarah Tugu Monas

Sejarah Tugu Monas

Sahabat traveler’s, dasar pembangunan tugu monas sendiri sebenarnya diprakarsai oleh bung karno dengan maksud untuk mengenang serta melestarikan bagaimana perjuangan bangsa indonesia selama masa revolusi kemerdekaan 1945. Dengan kehadiran sebuah tugu yang besar dan tinggi di ibukota negara ini, diharapkan bagi yang melihat dan mengunjunginya bisa membangkitkan inspirasi serta semangat patriotisme bagi generasi penerus bangsa indonesia.

Sejarah pembangunan tugu monumen nasional atau monas ini dimulai, ketika tepat pada tanggal 17 agustus 1954 dibentuklah sebuah komite yang akan merencanakan sekaligus mengawasi pembangunan monas ini.Kemudian pada tahun 1955, langkah awal komite dalam proses tahapan membangun sebuah tugu monumen nasional ini adalah dengan melakukan sayembara perancangan atau design bangunan monumen nasional ini untuk umum, dengan kriteria bahwa model bangunan ini harus menggambarkan karakter bangsa indonesia serta bisa bertahan berabad-abad eksistensinya.

Dari kontes sayembara tahap pertama di tahun 1955 itu, komite berhasil mengumpulkan tidak kurang 51 karya design atau model untuk bangunan monumen nasional di kota jakarta ini.Namun dari sekian karya yang berhasil masuk, hanya satu karya yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh komite, yaitu karya frederich Silaban.

Tidak puas serta menginginkan lebih banyak alternatif model bangunan yang bisa mendekati kriteria, kemudian sayembara ke dua pun diadakan kembali, yaitu di sekitar tahun 1960. Kembali seperti di sayembara pertama, meskipun hasil karya yang masuk jauh lebih banyak yaitu sekitar 136 rancangan, namun dari sayembara tahap ke dua ini tidak satu pun yang memenuhi syarat dan ketentuan dari komite.

Akhirnya, ditengah kebuntuan itu, ketua juri dari komite, meminta langsung kepada frederich silaban yang merupakan pemegang hasil karya rancangan monas di tahap pertama, untuk secara langsung memintanya menunjukan hasil rancangannya tersebut langsung ke presiden sukarno. Akan tetapi, dari pertemuan dengan bung karno tersebut, didapati fakta bahwa presiden RI pertama tersebut kurang menyukai model rancangan frederich silaban tersebut.

Adapun yang menjadi alasan penolakan bung karno waktu itu adalah hasil karya rancangan frederich silaban tersebut terlalu wah atau luar biasa, dan pemerintah indonesia waktu itu cukup sulit untuk merealisasikannya karena dipastikan biayanya besar dan negara tidak akan mampu menanggung beban anggaran tersebut karena kondisi ekonomi indonesia waktu itu tengah dalam masa yang sulit.Serta alasan lainnya, bung karno menginginkan model bangunan tugu monas ini berbentuk lingga dan yoni, yang tampak seperti sekarang yang kita lihat.

Menemukan kebuntuan ide rancangan, maka kemudian bung karno mengundang dan meminta secara langsung sahabat sekaligus arsitek indonesia saat itu yang bernama R.M Soedarsono untuk melanjutkan model rancangan karya frederich silaban tersebut. Di tangannya, Soedarsono kemudian menambahkan angka 17, 8 dan 45 yang melambangkan hari proklamasi kemerdekaan indonesia, 17 agustus 1945. Dan akhirnya tepat pada tanggal 17 agustus 1961, dimulailah pembangunan tugu peringatan nasional atau monas ini di atas lahan seluas hampir 80 hektar, dengan Frederich Silaban dan R.M Soedarsono sebagai arsiteknya.

Sahabat traveler’s, pembangunan tugu monas ini dapat diselesaikan dalam tiga tahapan pembangunan. Tahap pertama dilakukan dalam kurun waktu 1961 hingga 1965, berupa penanaman pondasi unutk tugu museum sejarah ini sebanyak 360 pasak, dinding museum serta obelisk.Tahap kedua kurun waktu 1966 – 1968, serta tahap akhir adalah kurun waktu antara 1969 – 1976, berupa penambahan diorama. Akhirnya dengan berbagai kendala dan masalahnya, seperti dari model rancangan, adanya kudeta G 30 S PKI, tepat pada tanggal 12 juli 1975 Tugu monas resmi dibuka oleh Presiden kedua RI, yaitu Soeharto.

Misteri Tugu Monas ( Sosok Wanita di Api Obor Monas )

Misteri Tugu Monas

Misteri Tugu Monas

Sahabat traveler’s, ada sebuah misteri tugu monumen nasional yang hingga saat ini belum terpecahkan, dan bagi sebagian orang, misteri monas ini sangat begitu menarik dan hingga kini banyak orang yang berusaha mencari tahu dan menemukan jawaban, apa sih misteri yang terdapat di tugu monumen nasional ini ?

Sahabat traveler’s, setelah membaca sebuah sumber terpercaya, penulis mendapatkan beberapa fakta yang menarik sekaligus bisa menjawab seperti apa sih misteri di tugu yang merupakan kebanggaan bangsa indonesia ini, yaitu seputar sosok wanita yang terlihat di api obor monas yang tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata jika kita tidak jeli melihatnya.

Sahabat, patung lidah api monas yang berbalut emas seberat 50 kg itu ternyata bukan sebuah gambar abstrak lidah api semata, jika kita melihatnya dengan sangat jeli dan tahu dari posisi mana gambar seorang perempuan itu akan terlihat, maka anda akan mendapati sesosok wanita yang sedang duduk bersimpuh dengan gerai rambut yang panjang bersanggul dan menghadap langsung ke arah istana negara.

Patung sosok perempuan ini, konon dibuat sedemikian rupa dan sebaik-baiknya, agar orang yang melihatnya tidak mengetahuinya secara langsung. Dan aktor di balik “penyembunyian sosok wanita ” itu ternyata adalah bung karno sendiri sebagai penggagas serta sang arsitek yang membuatnya sedtil mungkin.

Lalu bagaimana cara kita melihat dan siapakah sosok wanita yang ada di patung api obor atau lidah api tugu monas itu ?

Untuk melihatnya, anda bisa melihatnya dari sisi sebelah kiri monas di jalan merdeka barat sebelah utara, dimana sangat dekat dengan istana presiden.Namun yang paling mudah untuk melihat sekaligus mengenali gambar samar sesosok wanita di atas puncak monas itu adalah jika anda berada di halaman istana presiden, dan tengoklah dengan teliti ke arah monas.

Lalu pertanyaan yang lainnya, siapakah sosok wanita misterius yang ada di puncak monas itu ? inilah misteri yang hingga kini masih terus diburu dan dicari tahu bagi orang yang ingin mengetahuinya. yang jelas sosok wanita ini tidak mungkin dibuat begitu saja tanpa nama bukan ? seperti apa pun kontroversi siapa wanita ini, yang pasti bahwa keberadaan sosok wanita itu memang bukan isapan jempol belaka alias mengada-ada !!

Menurut mitos yang bisa kita yakini informasinya saat ini dari beberapa sumber yang berhasil saya kumpulkan di internet adalah, meskipun misteri ini sangat berbau mistis, namun bisa kita jadikan referensi kita meyakini keberadaan wanita hebat ini, dan menurut beberapa kalangan, sosok wanita di lidah api tugu monas itu diyakini adalah ratu pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

Penasaran ? percaya atau tidak percaya, silahkan anda melihat dan mengamati langsung penampakan sosok wanita misterius ini di atas puncak monas ketika anda berkunjung ke sana..!!

Wisata Tugu Monas

Wisata Tugu Monas

Wisata Tugu Monas

Sahabat traveler’s, Lokasi Tugu Monas atau tugu peringatan nasional monas ini awalnya adalah dinamakan Medan Merdeka. Namun seiring berjalannya waktu, lapangan monas di jakarta ini telah mengalami 5 kali pergantian nama, mulai dari lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas hingga akhirnya diberi nama Taman Monas.

Sahabat traveler’s, jika anda berkunjung ke monumen nasional tugu monas ini, maka pertama kali datang, anda akan melihat bahwa di sekeliling tugu monumen nasional ini terdapat taman yang luas dengan dua buah kolam yang cukup besar berukuran 25 meter persegi, lapangan terbuka dan tempat berolahraga, sehingga jangan heran pada akhir pekan apalagi musim liburan, maka lapangan medan merdeka ini penuh dengan pengunjung, baik untuk sekedar jalan-jalan, berolahraga hingga berwisata.

Ada banyak kegiatan positif dan bermanfaat jika kita berwisata ke salah satu objek wisata kota jakarta yang menarik ini, dan berikut adalah kegiatan menarik yang bisa anda temukan kemudian pengalaman serta sumber pengetahuan baru yang bisa anda dapatkan ketika berkunjung ke Tugu Monas.

Arsitektur Tugu Monas 

Sahabat traveler’s, inilah salah satu model rancang bangun sebuah monemun nasional di jakarta yang sangat khas menggambarkan nilai budaya asli bangsa indonesia, yaitu dengan bentuk bangunan tugu yang tegak berdiri menyeruapi “Alu” dan cawan di bawah seperti “lesung” serta merupakan simbol pasangan universal yang abadi yaitu “Lingga” adalah tugu yang menjulang tinggi melambangkan laki-laki, sementara cawan ” Yoni ” melambangkan perempuan.

Belum cukup di atas,kekaguaman kita akan bertambah ketika mendapati fakta bahwa arsitektur tugu monumen nasional monas ini terdiri atas 117 meter obelisk yang berdiri tegak di atas landasan persegi dengan ketinggian 17 meter, kemudian pelataran cawan. Dan tahukah bahwa monumen nasional di jakarta ini seluruh bangunannya dilapisi oleh marmer yang didatangkan langsung dari negeri Italia.

Beralih di sekitar tugu, anda akan menemukan sebuah kolam berukuran 25 meter persegi luasnya di taman medan merdeka utara, yang selain untuk mempercantik keindahan sekitar taman monumen nasional, akan tetapi keberadaannya juga ditujukan sebagai pendingin udara alami. Kemudian di dekatnya juga terdapat kolam air mancur dengan hiasan patung pangeran diponegoro menunggang kuda yang terbuat dari perunggu seberat 8 Ton dan hasil karya pemahat italia, Prof Coberlato.

Relief Sejarah Indonesia

Sahabat traveler’s, pada bagian ini anda akan banyak mengetahui bagaimana sejarah panjang negeri dan bangsa indonesia dari waktu ke waktu dari relief di setiap sudut halaman luar tugu monas yang mengelilinginya.Mulai dari sejarah keyaaan negeri nusantara di masa lalu seperti masa kerajaan singasari dan majapahit, kemudian masa kelam penjajahan belanda, perlawanan rakyat indonesia dan pahlawan indonesia, sumpah pemuda, penjajahan Jepang, Perang Dunia ke 2, proklamasi kemerdekaan indonesia, Revolusi, perang kemerdekaan RI hingga masa pembangunan indonesia yang modern.

Museum Sejarah Nasional

Nah sahabat traveler’s, hampir sama dengan relief sejarah nasional yang berada di halaman luar tugu monas, beralih masuk ke dalam bangunan monumen nasional ini, tepatnya di bagian dasar monumen, pada kedalaman 3 meter di bawah tanah, ada ruangan seluas 80 meter persegi yang bisa menampung 500 pengunjung sekaligus ini, terdapat 51 diorama yang menampilkan sejarah indonesia mulai sejak zaman pra sejarah hingga masa awal abad 20 dan masa orde baru. Sehingga monas ini adalah tepat jika dikatakan sebagai salah satu tempat wisata sejarah di jakarta juga.

Ruang Kemerdekaan

Sahabat traveler’s, ruang kemerdekaan berbentuk amphitheater ini lokasinya ada di bagian cawan besar tugu monumen nasional. Di ruangan ini anda akan melihat berbagai simbol kenegeraan dan kemerdekaan indonesia, seperti naskah asli proklamasi kemerdekaan indonesia, lambang negara, peta kepulauan NKRI dan masih banyak yang lainnya. Uniknya tempat-tempat menyimpan benda simbolik kenegaraan itu sebagaian besar berlapiskan emas, serta pintu-pintunya berlapiskan perunggu.Yang paling menarik di ruang kemerdekaan monas ini mungkin ada sebuah pintu yang diberi nama “ Gerbang Kemerdekaan “.

Pelataran Puncak Dan Api Kemerdekaan

Sahabat traveler’s, bisa jadi lokasi ini adalah buruan pengunjung yang datang ke tugu monas ini. Kenapa demikian ? karena dari atas puncak tugu monas ini, selain pengujung bisa melihat seluruh penjuru pemandangan kota megapolitan jakarta yang indah dengan teropong, juga anda bisa melihat ke arah selatan secara jelas jika cuaca cerah bersahabat, yaitu salah satu tempat wisata alam di bogor yang terkenal Gunung salak atau gunung Pancar di kabupaten Bogor, jawa barat, serta ke arah utara lautan lepas dengan pulau-pulau kecil yang indah.

Tapi yang paling spesial ketika anda menuju puncak monas berukuran 11 meter persegi,yang lokasinya berada di ketinggian 115 meter dari permukaan tanah ini, sehingga anda menaikinya harus menggunakan lift ini adalah adanay lidah api berukuran 14 meter, diameter 6 meter yang merupakan penyatuan dari 77 bagian, dengan berat 14,5 ton dan dilapisi emas 50 Kg ( sebelumnya 35 Kg, ditambah menjadi 50 Kg ketika perayaan 50 tahun indonesia merdeka )

Tiket Masuk Tugu Monas

Harga tiket masuk tempat wisata di jakarta Tugu Monumen Nasional Monas ini sangat terjangkau. Ada 2 jenis tiket masuk monas yang harus anda siapkan.Yang pertama adalah tiket masuk bangunan monumen nasional, serta anda harus menyiapkan uang tambahan untuk tiket terusan tiket pelataran puncak, jika anda mau naik ke puncak monas. Dan berikut adalah daftarnya :

  • Tiket Masuk : Dewasa Rp.20.000/orang Anak Rp.10.000/orang
  • Tiket Terusan : Dewasa Rp.7.500/orang Anak Rp.3.500/orang

Jam Buka Tugu Monas

Jam buka atau waktu operasional monumen nasional di jakarta atau monas ini adalah setiap hari senin – minggu, mulai pukul 07.00 s/d 00.00 WIB.

Alamat Tugu Monas

Alamat tugu monumen nasional monas adalah di Jakarta Pusat, sehingga lokasinya sangat memudahkan bagi siapa pun untuk menjangkaunya karena berada di tengah-tengah kota Jakarta.

Nomer Telepon Tugu Monas

Jika anda memiliki pertanyaan seputar kegiatan di monas, informasi harga tiket terbaru monumen nasional monas atau bahkan melakukan reservasi untuk kunjungan rombongan, anda bisa menghubungi nomer telepon : (022) 3822255

Lokasi Peta Tugu Monas

[googlemaps https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m23!1m12!1m3!1d126933.32676073266!2d106.75711220253659!3d-6.175387821530557!2m3!1f0!2f0!3f0!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!4m8!3e6!4m0!4m5!1s0x2e69f5d2e764b12d%3A0x3d2ad6e1e0e9bcc8!2stugu+monas!3m2!1d-6.1753924!2d106.8271528!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1457664580069&w=600&h=450]

  • Untuk mengetahu letak posisi serta map tugu monas, silahkan buka di sini.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar tempat wisata sejarah di indonesia yang populer dengan Monumen Nasional di Jakarta. Sebuah monumen yang sarat dengan perjalanan sejarah bangsa indonesia serta menyimpan sejuta misteri dan kontroversi. Liburan ke Jakarta, ingat Tugu Monas !!

Sumber Referensi : Wikipedia

Tugu Monas
  • Tugu Monumen Nasional

Ringkasan

Tugu Monas - Inilah tempat wisata di indonesia yang berlokasi di kota Jakarta yang sarat dengan fakta sejarah perjalanan bangsa indonesia. Temukan fakta seputar apa saja yang ada di tugu monumen nasional yang setara dengan menara Eifel di Paris Perancis ini. Temukan juga sejarah pembangunannya yang berliku hingga kontes sayembara untuk menemukan model rancangan monumen nasional pertama di indonesia ini, serta fakta emas seberat 50 Kg dan Misteri sosok wanita yang tersirat di puncak Monas.

5.0
User Rating 4 (3 votes)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)

4 Comments

  1. dianjob 11 Maret 2016

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.