Beranda » Tips Wisata » Bandung » Taman Air Situ Lembang – Review Lengkap Lokasi, Fasilitas Dan Harga

Taman Air Situ Lembang – Review Lengkap Lokasi, Fasilitas Dan Harga – Hallo sahabat Mawa Holiday, apakah dalam waktu dekat ini anda sedang merencanakan kunjungan perjalanan wisata ke sekitaran Lembang ?

Jika benar demikian ada nya maka cobalah untuk mengunjungi salah satu objek wisata bertemakan danau yang akhir – akhir ini ramai pengunjung.

Objek wisata tersebut bernama Taman Air Situ Lembang, destinasi danau buatan sejak penjajahan belanda ini memiliki banyak keunikan.

Seperti apa sajakah ulasan nya, mari kita simak artike di bawah ini.

Review Taman Air Situ Lembang

Review Taman Air Situ Lembang

Taman Air Situ Lembang

Digadang sebagai tempat yang mirip dengan Swiss, Situ Lembang di Bandung Barat ini memiliki keindahan serupa. Taman air Situ Lembang merupakan danau buatan yang mulai digunakan sejak tahun 1912, pada masa pendudukan Belanda di Indonesia.

Luas area danau sendiri mencapai 68 hektar. Air danau ini sangat jernih khas pegunungan atau dataran tinggi. Begitu jernihnya hingga pepohonan dan langit terpantul dari airnya. Layaknya menjadi cermin bagi pemandangan sekitarnya.

Airnya sangat bersih sehingga flora fauna dapat hidup dengan normal di sekitar danau. Didalamnya terdapat ikan, Anda juga bisa melihat angsa berenang di atasnya jika beruntung. Ini menjadi pemandangan menakjubkan yang perlu diabadikan.

Lokasi Taman Air Situ Lembang

Alamat tepatnya di Karyawangi, Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat. Menariknya tempat ini bukan hanya menawarkan keindahan alam hutan pinus dan kolam air saja. Tempat ini dijadikan sebagai lokasi latihan TNI dan kopassus.

Jadi perlu diingat bahwa saat digunakan untuk latihan maka akan ada pemberitahuan dari pengelola bahwa warga sipil tidak boleh masuk. Selama digunakan untuk latihan lokasi akan ditutup untuk wisata.

Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi resiko keamanan. Sebab saat latihan berlangsung, akan ada tembakan peluru, granat dan sebagainya yang membahayakan. Selain waktu latihan ini, wisatawan bebas bisa datang kapan saja.

Jam Buka dan HTM Taman Air Situ Lembang

Taman Air Situ Lembang buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB. Namun kebanyakan para wisatawan mengunjungi tempat ini pagi hari. Tujuannya mengantisipasi kepadatan pengunjung saat siang hari.

Namun pada dasarnya tidak ada bedanya mau datang pagi, siang atau sore hari. Kesejukan dan keindahannya tidak akan berkurang sedikitpun meski semakin banyak orang berada di area wisata tersebut.

Untuk tiket masuk lokasi sendiri sangat terjangkau. Pengelola menetapkan biaya hanya sebesar Rp 10.000 per orang. Tarif ini flat berlaku untuk semua usia, jadi tidak ada bedanya antara anak-anak sampai orang tua.

Review Taman Air Situ Lembang

Review Taman Air Situ Lembang

Daya Tarik Wisata Taman Air Situ Lembang

Ada banyak hal menarik yang dijadikan sebagai magnet utama bagi para wisatawan saat berkunjung ke tempat ini. Di bawah ini adalah beberapa daya tarik yang ada di Taman Air Situ Lembang, antara lain:

Memiliki Pemandangan yang Indah, Lengkap dengan Pohon Pinus dan Air Jernihnya

Daya tarik utama dari lokasi wisata Taman Air Situ Lembang adalah pemandangannya. Memadukan antara hamparan pepohonan pinus dengan air yang jernih. Pohon pinus sendiri sudah tumbuh sejak ratusan tahun lalu.

Kesejukan suasana tercipta salah satunya karena rimbunnya pepohonan yang ada. Selain suasana alami tersebut, ada banyak sisi menarik yang dapat Anda rasakan. Salah satunya keindahan rimbunan pohon pinus.

Pohon pinus yang tumbuh rapi ini menjadi latar belakang foto estetik. Banyak orang memanfaatkan area sekitarnya untuk foto pre wedding, foto buku tahunan, post wedding dan semacamnya.

Udaranya Masih Sehat, Bersih, dan Sejuk

Sekedar menjadi tempat bersantai menikmati kesejukan. Taman Air Situ Lembang terletak pada ketinggian 1.567 mdpl. Layaknya pegunungan pada umumnya, lokasi wisata ini menawarkan kesejukan dan udara bersih.

Jika datang pagi hari, Anda masih dapat menyaksikan putihnya kabut di atas permukaan danau. Tampak memanjang hingga jauh seolah mencapai gunung. Kesejukan maksimal akan didapat di pagi hari, begitu juga dengan embun yang masih tampak di ujung rerumputan menjadi objek foto menakjubkan.

View Langsung Menghadap Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu

Daya tarik lainnya adalah pemandangan langsung ke Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang. Ini akan jadi latar belakang foto yang tidak akan ada duanya. Siapa saja pasti tidak akan melewatkan kesempatan berfoto di spot alami ini.

Dibangun untuk Tujuan Militer dan Merupakan Situs Penting di Bandung

Taman Air Situ Lembang sendiri dibuat dengan tujuan militer. Yaitu sebagai tempat latihan TNI dan Kopassus. Ini sebetulnya bisa jadi daya tarik wisata, sayangnya tidak boleh ada warga sipil saat latihan berlangsung.

Taman air ini juga merupakan situs penting bagi Bandung dan sekitarnya. Sebab merupakan tempat penampungan air paling besar. Dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tidak heran jika kebersihan air yang ada selalu dijaga. Kebersihan dan kejernihan air danau ini dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai relaksasi. Dari melihat kejernihan tersebut untuk beberapa lama sudah cukup menghadirkan ketenangan.

Solusi Perjalanan Paket Wisata Ke BandungĀ 

Sahabat Mawa Holiday, tentunya sudah tidak menjadi rahasia lagi jika Kota Bandung ini memiliki beragam tempat wisata yang unik dan menarik untuk di kunjungi.

Tak terkecuali Taman Air Situ Lembang, salah satu objek wisata dengan konsep danau di kawasan Bandung Barat ini kerap di jadikan destinasi utama pada setiap agenda perjalanan paket wisata Bandung.

Dengan suasanya alam yang nyaman serta pemandangan indah membuat pengunjung merasa tenang dan damai.

Fasilitas Lokasi Wisata Taman Air Situ Lembang

Tujuan awalnya memang tidak untuk lokasi wisata umum. Tidak heran jika belum banyak pembangunan tempat wisata ini. Sehingga fasilitas yang ada didalamnya bisa dikatakan belum begitu memadai.

Setidaknya Anda bisa melakukan antisipasi sebelum memasuki area wisata air ini. Misalnya membawa perbekalan sendiri dari rumah. Sebab belum ada warung yang menjajakan makanan dan minuman di lokasi.

Toilet juga belum memadai. Ini perlu juga menjadi catatan, dimana pengunjung sebaiknya mencari alternatif terdekat apabila sewaktu-waktu memerlukannya. Namun untuk area parkir masih bisa diupayakan menampung kendaraan pribadi.

Untuk sarana ibadah, Anda bisa memanfaatkan area kosong sekitarnya bagi yang muslim. Atau mencari tempat ibadah di sekitar lokasi Taman Air Situ Lembang. Selebihnya, Anda bisa memperhitungkan berapa lama akan berada di obyek wisata tersebut.

Mengingat fasilitas umum belum memadai, sebaiknya membatasi durasi liburan Anda. Yang pasti untuk sekedar mengambil foto di spot unik bisa dilakukan dengan memilih angle paling ideal di sekitar taman air Situ Lembang.

Rate this post

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.