Pantai Karang Nini – My Trip To Pangandaran

Pantai Karang Nini Pangandaran – Jika anda mencari Tempat Wisata di Pangandaran dan sekitarnya yang masih sangat alami dengan suasana alam pantai pasir putihnya, serta background pemandangan alam yang sangat indah luar biasa, maka itulah Pantai Karang Nini. Mempunyai sejuta pesona keindahan alam yang sangat begitu menggoda, dijamin anda akan betah tinggal berlama-lama di sana dan merasakan bahwa kita sebagai manusia sungguh termat kecil dan tidak berarti di bawah kebesaran Allah SWT. Wellcome to Karang Nini Beach !!

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya admin sekaligus penulis blog Aneka Wisata Indonesia, yang akan terus mengabari anda dengan informasi-informasi terbaru seputar pariwisata yang ada di seluruh penjuru nusantara. Seperti kali ini, penulis akan menceritakan perjalanan Tour Travel Adventure saya beberapa waktu yang lalu ke sejumlah Objek Wisata di Pangandaran dan sekitarnya, tepatnya pada tanggal 5 Juni 2016 yang lalu.

Sahabat traveler’s, perjalanan Tour ke Pantai Karang Nini Pangandaran ini adalah target tempat ke 2 yang saya kunjungi selama travel adventure keliling indonesia dengan mengendarai sepeda motor Yamaha X Rider. Meski sebelumnya saya juga sudah pernah menuliskan artikelnya kepada anda di judul postingan Karang Nini, namun kisah perjalanan ini sangat begitu istimewa sehingga saya pun memutuskan menulis ulang tentang salah satu Pantai Terindah di Indonesia. Pantai Karang Nini.

Nah seperti apa kisah perjalanan saya menyusuri objek wisata yang terletak di desa Emplak, kecamatan Kalipucang kabupaten Pangandaran, atau sekitar 210 Km dari ibukota Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung ini ? Yang Lokasinya sangat dekat dengan Objek wisata pantai di pangandaran lainnya, yaitu sesudah Pantai Karapyak dan objek wisata Gua Donan, silahkan simak saja informasinya di bawah ini dalam Tour Travel Adventutre X Rider.

Road To Pantai Karang Nini Pangandaran Stories

Pantai Karang Nini Pangandaran

Hari itu minggu tepatnya tanggal 5 Juni 2016, sehari menjelang ibadah bulan puasa Ramadhan, atau dalam budaya atau adat istiadat ” Urang Sunda ” hari itu populer dengan istilah ” Munggahan ” atau bermakna menyambut datangnya bulan ramadhan, yang biasanya atau lazimnya dilakukan dengan cara jalan-jalan mengunjungi berbagai tempat rekreasi, mulai dengan keluarga , teman hingga pasangan.

Nah sahabat pecinta blog Aneka Wisata Indonesia, Cerita travel adventure ke Pantai Karang Nini waktu itu terasa sangat begitu spesial bagi saya, kenapa demikian ? karena yang saya dapatkan sebuah pengalaman perjalanan wisata yang sangat luar biasa, dimana suasananya sangat meriah dan ramai dengan membaurnya masyarakat lokal dengan wisatawan luar kota, dimulai dari sepanjang jalan menuju lokasi wisata yang sangat padat dengan kendaraan, hingga tiba di lokasi yang crowded dengan banyak sekali pengunjung.

Memulai titik start perjalanan petualangan wisata dari sebuah kota kecil bernama Banjarsari ( Thanks For All Stories for Me !! ) yang masuk wisalayah admisnistratif Kabupaten Ciamis, atau sekitar 40 Km sebelum pangandaran jika dari arah kota Bandung, tepat pukul 08.00 WIB saya ditemani pemandu wisata ” Kang Ohim ” berangkat membelah keramaian jalan Raya antara Banjarsari – Pangandaran yang banyak didominasi kendaraan roda dua dan mobil bak terbuka di bawah terik matahari yang mulai panas di atas kami hari itu.

Namun berpetualang melakukan traveling dengan menaiki kendaraan roda dua seperti dengan Yamaha X Rider ini sangat begitu istimewa buat saya, karena selain bisa merasakan bagaimana sensasi menikmati perjalanan berkendara, dimana tubuh dan wajah menjadi terbiasa diterpa angin, dihantam panas terik matahari, namun yang membuat saya menikmatinya adalah diri kita seperti menyatu dengan alam sekitar yang saya lewati. Sunggih pengalaman yang tidak mudah dibandingkan dengan yang lain.

Dengan kecepatan memacu kendaraan Yamaha X Rider tidak lebih dari 80 Km/jam, cukup lambat memang, tapi melihat kondisi dan situasi jalanan yang ramai dengan banyak orang yang hendak menuju lokasi wisata yang sama, yaitu tempat-tempat wisata yang menarik di pangandaran, seperti salah satunya Pantai Karang Nini ini, maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik lambat selamat daripada cepat membawa masalah. Dan terbukti sahabat, di perjalanan saya melihat ada kejadian sebuah mobil SUV plat B Jakarta menabrak sepeda motor yang ditumpangi wisatawan keluarga, meski tidak fatal dan memakan korban jiwa.

Nah, sebuah tips wisata aman ke pangandaran yang pertama bagi anda dari saya untuk wisatawan yang berasal dari kota seperti Bandung dan jakarta adalah hati-hati ketika melintasi jalur antara Banjarsari – Pangandaran. Saat ini memang jalanan menuju Pangandaran sangat mulus dan lebar serta sebagiannya masih perlu perbaikan, namun hal itulah yang perlu menjadi kewaspadaan anda, karena banyak sekali masyarakat di sana yang menggunakan jalur jalan ini dengan mengendarai kendaraan roda dua dengan tidak memakai helm, serta ugal-ugalan alias kebut kebutan.

Nah sahabat traveler’s, setelah menempuh waktu perjalanan sekitar 1 jam dari banjarsari ke lokasi Pantai Karang Nini Pangandaran ( waktu tersebut karena kami singgah dulu ke tempat wisata yang dulunya tempat favorit lokasi syuting film-film laga seperti Msteri Gunung Merapi sama Tutur Tinular yaitu Gua Donan serta Pantai Karapyak, yang nanti ceritanya akan kami berikan juga untuk anda di tulisan selanjutnya ), akhirnya tibalah saya di pintu gerbang objek wisata Pantai Karang Nini.

Tepat berada di belokan jalan, ada plang besar berwarna merah dari sebuah iklan rokok “JS” dan nama di bagian bawahnya Wana Wisata Karang Nini, serta di paling bawahnya juga ada plang ucapan selamat datang ke pantai legenda Karang Nini yang lebih kecil, nah untuk itu sebagai tips bagi anda, paculah kendaraan anda selepas melewati obejk wisata Pantai Karapyak pelan-pelan, selain jalanan mulai berkelok-kelok dan sedikit bergelombang, pintu masuk Karang Nini ini berada tepat di belokan jalan yang menurun cukup curam.

Baca Juga : Jelajah Eksotisme Citumang Green Valley Pangandaran

Wellcome To Pantai Legenda Karang Nini Pangandaran

Pintu Masuk Pantai Karang Nini Pangandaran

Setelah berhenti sejenak memarkirkan kendaraan si kukut Yamaha X rider sebelum pintu masuk, untuk melepas jacket yang saya pakai karena tubuh gerah sekali, karena suhu udara siang itu sudah sangat menyengat, meski baru pukul 09.00 WIB, saya pun lantas mempersiapkan peralatan dokumentasi yang sangat penting dalam perjalanan travel adventure ini yaitu Camera Canon EIS 550D, untuk mulai mengabadikan spot-spot penting dan menarik di Pantai Karang Nini sebagai bahan informasi yang nantinya akan saya tuliskan untuk anda tentunya.

Sahabat traveler’s, dari pinggir jalan utama yang menghubungkan Bandung – Pangandaran, lokasi pintu masuk Wana Wisata Karang Nini agak masuk ke dalam, sekitar 50 meter dari pinggir jalan. Sehingga lokasinya cukup mudah untuk anda datangi dan temukan jika menggunakan kendaraan umum., karena sangat jelas akan terlihat. Waktu datang di sana waktu itu, saya melihat banyak sekali wisatawan yang datang dari berbagai kota, baik sekitar ciamis hingga dari kota besar seperti Bandung, Jakarta dan wisatawan asal jawa tengah.

Tiket Masuk Pantai Karang Nini Pangandaran

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Nini Pangandaran

Sahabat traveler’s, sebelum kita masuk objek wisata Pantai Karang Nini, di loket pintu masuk kita harus terlebih dahulu membayar harga tiket masuk ke karang ini kepada petugas di sana sebesar Rp.7.500/orang. Anda tidak perlu turun kendaraan, karena petugas loket akan menghampiri anda untuk mengambil uang dari anda sekaligus memberikan bukti pembayaran berupa tiket masuknya.

Eksotisme Wana Wisata Pantai Karang Nini Pangandaran

Sahabat traveler’s, selepas membayar tiket masuk pantai karang nini di pintu loket masuk, maka saya pun melanjutkan perjalanan lagi dengan mengendarai tumpangan yang insyaAllah akan setia mendampingi kemana pun pergi selama Travel adventure keliling indonesia ke depan. Pertama memasuki kawasan wisata Karang Nini anda akan dihadapkan dengan suasana alam yang khas, rimbun pepohonan besar seperti jati dan mahoni sehingga menciptakan suhu udara yang sejuk ketika melintasinya. Dan ini cukup mujarab bagi pelepas rasa panas tubuh dan kembali segar selepas menjalani perjalanan menuju lokasi ini.

Sahabat traveler’s, berdasarkan informasi yang saya baca dan dapatkan langsung dari lokasi wana wisata karang nini, Objek wisata ini ternyata merupakan kawasan Hutan produksi yang pengelolaannya dibawah KPH Ciamis dulunya, dan sekarang tentunya sudah masuk ke kabupaten baru Pangandaran. Dengan luas areal mencapai kurang lebih 75 hektar, sungguh pantas objek wana wisata hutan dan pantai ini dikatakan sebagai Tempat Wisata di Jawa Barat paling indah , yang diresmikan tanggal 25 September 1985.

Sahabat traveler’s, dengan menyusuri jalan wisata menuju pusat wisata Karang Nini yaitu Pantai yang terkenal dengan legendanya ( nanti saya ceritakan kisahnya sedikit di depan ) yang boleh dibilang masih dibiarkan berbatu ( berbeda dengan jalan menuju Pantai Karapyak yang kini sudah beraspal mulus ) dan berkelok-kelok sepanjang 2,5 Km, akhirnya kami tiba di sebuah areal dataran yang cukup luas dan hijau serta teduh, dimana di tengahnya diperuntukan sebagai area parkir seluas 300 m2, dan di pinggirnya berdiri kedai atau warung-warung makan serta mushola.

Setelah saya parkirkan kendaraan si Yamaha X Rider tunggangan selama perjalanan travel adventure keliling indonesia ini, saya pun lantas mencari tempat istirahat sejenak di sebuah warung yang menjajakan aneka makanan mulai dari makanan khas sunda seperti pecel atau karedok, snack hingga minuman kopi dan rokok. Si ibu penjaga warung mengatakan bahwa warung-warung di lokasi wisata karang nini ini buka hanya setiap sabtu dan minggu saja, sambil membuat kopi pesanan saya yang harganya hanya Rp.3.000 serta lotek plus lontong dan bakwan Rp.7.000.

Setelah cukup beristirahat dengan menghabiskan segalas kopi dan juga sepiring lotek dengan porsi yang jumbo tersebut, membuat tubuh kembali segar dan bersemangat melanjutkan liputan tentang Panatai Karang Nini di Pangandaran ini, terlebih wisatawan lainnya pun selain yang sudah banyak yang duluan memenuhi areal lokasi wisata, juga ditambah yang mulai berdatangan, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, sehingga menjadikan tempat wisata di sekitar pangandaran ini sangat ramai dengan aktifitas semua pengunjungnya saat itu.

Nah sahabat traveler’s, waktu sudah sekitar pukul 11.00 WIB, untuk mengejar lokasi wisata lainnya di pangandaran, maka saya putuskan untuk cepat menyelesaikan pengambilan materi bahan artikel ini dengan segera menuju lokasi Pantai Legenda Karang Nini. Dari tempat kami makan dan minum di warung, jalan menuju ke pantainya, maka kita harus menuruni jalan setapak, cukup licin juga dan anda harus hati-hati melangkahkan kaki jika tidak mau jatuh dan pakaian anda kotor.

Sambil menikmati suasana kawasan hutan dan pantai yang seperti menyatu di sana, maka anda akan bisa merasakan selama menuruni jalan menuju pantai karang nini ini, udara yang sejuk karena kita berada di bawah pepohonan yang besar dan berusia tua. Pemandangan hamparan rumput hijau akan memanjakan penglihatan anda, sementara telinga anda akan mendengar, semakin dekat ke pinggir pantai akan semakin jelas bagaimana suara gemuruh gelombang air laut lepas samudra pasifik yang terkenal ganas menerjang batu karang yang seolah menjadi seperti benteng alam tiada tandingannya.

Nah sahabat, setelah tiba di sebuah hamparan rumput hijau yang diperuntukan sebagai areal taman bermain anak ( Play Ground ) dan juga berkemah ( Camping Ground ), pemandangan alam pantai karang nini sudag mulai kuat menggoda, ingin rasanya segera bermain-main di pinggir pantai terutama pasir dan berkejaran dengan hempasan ombaknya, tapi bagaimana dengan dokumentasi foto ? Hmmm, akhirnya saya putuskan ambil jalan menuju lokasi sebelah kiri hamparan rumput hijau tersebut, yang dari kejauhan saja sudah tampak bagaimana indahnya hempasan air laut yang pecah membentuk buih warna putih ketika tiba di pesisir pantai.

Nah sahabat traveler’s, dengan semangat 45, karena saya sudah cukup lama tidak pernah datang ke sini lagi setelah terakhir zaman waktu masih kecil ( Sekolah dasar ) sementara sekarang usia sudah 41 tahun, jadi sudah anda bayangkan bukan bagaimana rasa rindu saya mengobati rindu dengan sepuasnya menikmati semua keindahan alam yang sangat begitu mempesona di Pantai Karang Nini di Pangandaran ini tentunya. Dan inilah moment terindah yang tidak bisa dinilai dengan apa pun yang berhasil saya abadikan untuk anda semua¬†dari tempat paling atas yaitu Tebing Karang Nini.

Pesona Pantai Karang Nini Pangandaran Pesona Pantai Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Karang Nini Pangandaran

Sahabat traveler’s bagiamana menurut kalian setelah melihat foto-foto keindahan Pantai Karang Nini dari atas dengan background hutan manggrove serta lautan lepas samudra pasifik di atas ? sangat eksotis bukan maha karya sang penguasa alam dengan menciptakan pantai legenda karang nini ini ? jika anda langsung berada di sana, saya jamin anda akan terpesona dan betah berlama-lama di sana, terlebih jika anda mau bertafakur alam, maka diri kita akan semakin sadar bahwa kita ini ternyata sangat kecil jika dibandingkan dengan mahluk tuhan yang kita diami sekarang Bumi.

Di lokasi kawasan saya mengambil foto-foto Karang Nini di atas puncak tempat tertinggi di sana, arealnya cukup hijau karena tanah di atasnya ditumbuhi dengan rumput hijau sementara di atasnya ditumbuhi pepohonan besar, sehingga cukup banyak pengunjung, baik yang berkelompok datang dengan teman-temannya, keluarga hinga berdua dengan pasangan, tampak beteduh dan beristirahat sambil rebahan di sana, menikmati semilir angin dari arah pantai yang sepoy-sepoy menerobos pepohonan dan semak-semak di atas puncak.

Sahabat traveler’s, meskipun banyak aktifitas yang bisa kita lakukan di areal hamparan rumput hijau di atas puncak ini, seperti anda bisa bakar-bakar ikan, bermain guitar hingga berfoto-foto selfie, namun anda harus cukup waspada dan hati-hati ketika berada di sekitar area tersebut, karena kita sedang berada di puncak tebing batu karang dan sisinya jurang yang dibawahnya laut dengan hanya dibatasi pagar pembatas yang terbuat dari kayu-kayu itu sepertinya juga sudah rapuh dimakan usia, sehingga jika sembrono anda bisa jatuh ke bawah.

Nah sahabat tarveler’s, setelah saya cukup puas menikmati pesona keindahan alam wana wisata Pantai Karang Nini dari atas puncak tertinggi di sana yang sangat luar biasa indahnya, kemudian dengan menuruni jalan setapak yang menurun tajam dan sedikit licin sehingga harus tetap ekstra hati-hati menuruninya, saya pun beranjak menuju lokasi pesisir pantai di bawahnya, yang jika saya perkirakan tinggi tebing tertinggi yang tadi saya jadikan tempat pengambilan foto-foto di atas ke areal pesisir pantainya sekitar 50 meteran tingginya bahkan lebih, sehingga cukup terjal dan curam juga lokasi di atasnya.

Nah setelah menuruni jalanan yang cukup terjal tersbut, akhirnya sampailah saya di pelataran pesisir pantai karang nini yang sungguh luar biasa tidak kalah eksotis nya jika kita melihatnya dari atas tadi. Ketika sampai di sana,saya lihat banyak sekali wisatawan yang sudah duluan tiba di sana, dari orang tua hingga anak-anak sibuk bermain dan bersuka cita di sana. Dari mulai sedang duduk beralaskan tikar sambil menikmati perbekalan makanan yang dibawa, berjalan-jalan di pinggir pantai, memandang terpana ke hamparan laut lepas yang tampak biru hingga ujung cakrawala hingga pengunjung yang sedang berfoto selfie atau hunting foto seperti saya.

Pesona Keindahan Pantai Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Legenda Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Legenda Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Legenda Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Legenda Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Legenda Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Legenda Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Legenda Karang Nini Pangandaran Pesona Keindahan Pantai Legenda Karang Nini Pangandaran

Dan di atas adalah foto-foto yang berhasil saya abadikan untuk blog aneka wisata indonesia di bawah ini. Jujur jika saya katakan, bahwa mengabadikan keindahan serta apa yang menjadi daya tarik wana wisata pantai legenda Karang Nini sedikit terlupakan ketika di bawah, karena saya sangat terpesona dan terjagum-kagum akan keindahan alam dan sekitarnya yang ada di tempat wisata pantai terindah di jawa barat indonesia objek wisata karang nini ini.

Legenda Pantai Karang Nini Dan Bale Kembang

Legenda Pantai Karang Nini Pangandaran

Inilah Batu Karang wajud dari jasad Aki Arga Plara dan Ambu Kolot

Nah sahabat traveler’s, bagi saya atau pengunjung yang lainnya, ketika sudah berada di bagian terbawah atau pesisir Pantai Karang Nini Pangandaran ini, satu yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja adalah tentang keberadaan salah satu bukti legenda atau cerita rakyat tentang asal usul berdirinya batu karang yang cukup fenemonel ceritanya bagi warga priangan timur ini, yaitu batu Karang Nini dan Bale Kembang. Dan anda bisa lihat penampakan bukti fotonya di atas.

Sahabat traveler’s, seperti janji saya di awal tadi, bahwa saya akan menceritakan sedikit pantai legenda Karang Nini di Pangandaran ini seperti apa sejarahnya, sehingga selalu tersimpan bersama keindahan serta keagungan tempat ini sebagai tempat terbaik untuk liburan atau rekreasi di indonesia. Nah berbekal itu, kemudian, saya pun setapak demi setapak menyusuri bagian legenda batu karang itu, dan jujur saya takjub jika melihatnya dari dekat, sangat indah meski beraroma mistik sedikit, it’s amazing place !!

Baca Juga : Legenda Tanah Lot di Pulau Bali

Sahabat cerita rakyat atau legenda dari pantai Karang Nini Pangandaran bermula dahulu kala, konon di kampung Emplak dimana lokasi pantai ini berada, hiduplah sepasang orang tua yang sangat sakti mandraguna, yang pria dikenal Arga Plara sementara yang perempuan dipanggil dengan sebutan ambu kolot. Dengan menghabiskan sisa waktu bersama di sana hiduplah keduanya dengan tenang, dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ki arga plara ini selalu mengambil ikan dengan cara memancing di pantai ini, sebagian dijual dan sebagiannya lagi untuk dimakan bersama dengan ambu kolot.

Pantai Legenda Karang Nini Pangandaran

Hingga pada suatu hari, sama seperti biasanya si aki arga plara pun melakukan aktifitas seperti biasanya, yaitu memancing ikan ke laut. Tidak ada curiga atau hal khawatir lainnya seperti biasanya, ketika si aki berangkat dan pamitan ke si ambu kolot. Namun hari ini benar-benar berbeda dari hari sebelumnya, dimana hingga waktu hampir petang, si aki arga plara belum juga datang kembali pulang ke rumah dimana di ambu kolot menunggu. Dan rasa cemas dan gelisah pun langsung menghantui perasaan ambu kolot saat itu, takut terjadi sesuatu yang tidak baik kepada si aki.

Tidak mau terus menerus menunggu sesuatu yang tidak datang-datang, dimana hari juga sudah mulai beranjak malam, di tengah rasa khawatir yang meuncak, maka si nini ambu kolot pun bergegas menyusuri pantai dan memanggil-manggil nama si aki, namun semakin sering dan keras si ambu kolot memanggil aki arga plara yang seperti hilang ditelan bumi, maka suaranya pun semakin teenggelam di balik suara ombak laut yang semakin malam semakin besar. Di tengah kepanikannya itu, datanglah juga bantuan dari masyarakat sekitar emplak yang hendak membantu ambu kolot mencari ki arga plara.

Usaha dan ikhitar mencari si aki sudah dilakukan ke mana, namun kehendak berkata lain, hingga malam tiba dan menutupi kawasan pantai dimana tinggal pasangan aki dan ini pun gelap gulita, sehingga ketika masyarakat sekitar yang membantu proses pencarian si aki sudah putus asa dan memutuskan kembali masuk kampung, maka si nini ambu kolot lebih memilih tetap tinggal sendiri di pinggir pantai meski sudah malam dan semakin dingin.

Nah di tengah rasa putus asa dan pasrah dengan apa yang sedang terjadi, maka dengan kesaktiannya si ambu kolot, maka ia pun meminta dan memohon bantuan kepada penguasa ratu laut kidul, agar dirinya bia dipertemukan dengan si aki meski dengan kedaan bagaimana mana pun juga. Maka, tidak selang berapa lama si ambu kolot berdoa, tampaklah di depannya sebuah batu karang yang mengambang seolah seperti jasad si aki arga plara yang sudah meninggal di laut, dan saat ini batu itu dikenal dengan nama ” Bale Kembang “. Mitosnya, siapa pun yang berdiri si sana, maka tubuhnya akan terasa seperti digoyang-goyang.

Pantai Legenda Karang Nini dan Bale Kembang

Anda berdiri di batu karang Bale Kembang ini akan seperti bergoyang

Melihat bahwa si aki kini sudah tiada meninggalkannya sendiri di dunia, maka si nini ambu kolot pun dengan sepenuh rasa cinta sekaligus ingin membuktikanya, maka ia pun lantas bersemedi dan memanjatkan doa kembali kepada penguasa ratu pantai selatan yaitu Nyi Roro Kidul agar dirinya bisa selalu dekat meski di dunia lain dengan si aki, maka berubahlah wujud dan menjelma sosok ambu kolot tersebut menjadi batu karang yang menghadap ke laut ke arah bale kembang yang merupakan jasad si aki arga plara. Dan kisah kasih layaknya Romeo dan juliet ini masih tetap abadi hingga akhir masa selama 2 batu karang di sini, yaitu batu karang nini dan bale kembang berdiri kokoh di sana.

Bagaimana sahabat tarveler’s, sangat menginspirasi bukan cerita dari Pantai Legenda Karang Nini Pangandaran ini ? bagaimana bentuk kesetian seorang pasangan istri mabu kolot terhadap suami aki arga plara sangat terbukti kesetiannya, hingga si aki meninggalpun si ambu kolot ingin selalu bersama menemani. Bagaimana dengan anda ? biasakah di zaman seperti sekarang anda kukuh dengan kesetian anda ? sepertinya sangat rekomended bagi siapa pun anda, jika mau mengabadikan atau mengikrarkan janji setia semati dengan berkunjung ke Pantai Karang Nini ini bukan ? believe it or not !!

Kegiatan Wisata Menarik di Pantai Karang Nini Pangandaran

Info Wana Wisata Pantai Karang Nini Pangandaran

Info Wana Wisata Pantai Karang Nini Pangandaran

Nah sahabat traveler’s, jika di atas saya sudah jelaskan secara detil daya tarik utama wana wisata pantai legenda karang nini, maka setelah saya telusuri semua bagian kawasan karang nini plus dengan informasi tambahan dari internet serta perbincangan langsung dengan orang atau warga setempat, maka berikut ini adalah beberapa aktifitas menarik yang bisa anda lakukan dan nikmati jika berlibur ke salah satu Pantai Terindah di Jawa Barat ini.

1.Wisata Alam

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas baru pertama kali anda memasuki kawasan wisata Karang Nini, mulai dari gerbang pintu masuk, maka anda akan mendapatkan objek wisata yang merupakan perpaduan wisata alam berupa hutan produksi yang banyak ditumbuhi pohon jati dan juga mahoni serta yang lainnya yang berpadu secara alami dengan hamparan laut pantai selatan yang menghadap ke samudra pasifik yang terkenal luas dan buas.

Di sini anda akan disuguhi pemandangan yang benar-benar akan membuat anda takjub dan terpana melihatnya, terlebih jika cuaca sedang cerah maka anda bisa dengan jelas dari tempat wisata di indonesia ini, jika anda melihat ke arah timur pemandangan penjara alam paling ditakuti penjahat di indonesia yaitu Pulau Nusakambangan.

Belum cukup di sana, dari tempat yang sama juga anda bisa menyaksikan keindahan teluk pananjung dimana pantai pangandaran berada tampak jelas keindahannya dengan deburan pecahan ombak berwarna putih. Belum lagi dari sana anda bisa menyaksikan salah satu penginggalan terowongan rel kereta api terpanjang di indonesia yang bernama Terowongan Wilhelmina sepanjang hampir 1116 Km

2.Wisata Ziarah

Sahabat tarveler’s, ternyata Pantai Legenda Karang Nini ini juga menyimpan pesona wisata terutama bagi anda yang suka melakukan kunjungan Ziarah. di tempat ini telah lama bersemayam sosok orang mulia yang bernama Syech Wali Kutub Cikabuyutan dan juga Anggasinga Wencana Bagaspati. Tempat ini konon selalu ramai di bulan-bulan tertentu dimana banyak pengunjung yang bermalam di sana untuk memanjatkan doa kepada yang maha kuasa.

3.Wisata Edukasi

Sahabat traveler’s, sepanjang jalan menuju lokasi pantai, saya mendapati banyak sekali papan plang atau pengumuman yang berisikan informasi tentang jenis pohon serta hewan atau satwa liar yang ada dan hidup di kawasan hutan di sekitar pantai ini, hingga saya juga melihat larangan untuk berburu di sana, karena di sini adalah habitat hidup sejumlah kera dan lutung serta trenggiling, kancil dan ayam hutan.

Di kawasan Karang Nini terdapat hutan mangrove dan juga tanaman produksi jati dan juga kayu mahoni, sehingga setiap wisatwan yang berkunjung ke sini, bisa belajar serta melakukan penelitian bagaimana proses kegiatan pengelolaan hutan tanaman jati dan teak planttaion forest management, mulai dari persemaian, pemeliharaan hingga kegiatan produksi.

4.Camping

Nah sahabat traveler’s, jika anda memutuskan untuk menikmati sensasi cara bermalam di alam bebas, maka silahkan uji nyali anda dengan bermalam di kawasan wisata yang masih sangat alami ini dengan cara berkemah atau camping di area camping ground. Pemandangan sekitar yang indah dengan suara gemuruh ombak, pasti akan menjadi suasana malam yang spesial yang akan anda nikmtai jika bermalam di sana.

5.Fotography

Sahabat traveler’s, satu fakta yang bisa anda lihat ketika berkunjung ke pantai karang nini di sekitar pangandaran ini adalah setiap pengunjung yang datang sudah pasti akan mencari titik-titik atau spot yang paling menarik untuk dibidik kamera, baik kamera Handphone, kamera saku hingga camera profesional. Tidak jarang areal puncak dimana saya memfoto gambar di atas serta kawasan batu karang adalah lokasi favorit pengunjung untuk mengabadikan sekaligus mengabarkan bahwa dirinya sudah berkunjung ke karang nini.

Nah Sahabat traveler’s, itulah sebagian besar kegiatan menarik wana wisata di pantai legenda Karang Nini yang bisa anda lakukan bersama keluarga atau pasangan anda selama liburan akhir pekan atau musim liburan nanti. Menurut saya tempat ini sangat menarik dan wajib untuk anda kunjungi.

Fasilitas Wana Wisata Pantai Karang Nini Pangandaran

Tempat Penginapan di Pantai Karang Nini

Tempat Penginapan di Pantai Karang Nini

Sahabat traveler’s, untuk memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung yang datang ke sini, pihak pengelola telah menyediakan banyak fasilitas yang memungkinkan wisatawan untuk betah berlama-lama tinggal di sana. Terkecuali akses jalan dari arah jalan utama menuju lokasi yang masih kurang bagus, fasilitas lainnya sudah cukup mumpuni, dan berikut adalah daftarnya.

1.Tempat penginapan

Sahabat di sini terdapat sejumlah pondokan yang cukup refresentatif dengan bangunan permanen serta berarsitektur tradisional sunda yang lokasinya tepat di pinggir tebing sehingga mempunyai view pemandangan ke arah laut lepas yang sangat indah.

Pondokan di Pantai Karang Nini Pangandaran Penginapan di Pantai Karang Nini Pangandaran

Tempatnya cukup teduh dan sejuk, dengan hamparan rumput yang sangat hijau di areal halamannya. Ruangan setiap bangunan terdiri dari 3 kamar, dan sangat rekomended jika anda tempati sebagai tempat untuk refreshing dan rileksasi dari segala rutinitas kerja sehari-hari.

travel-adventure-x-rider-to-karang-nini

2.Saung Pertemuan Rancage

Sahaabt tarveler’s, jika anda berkunjung ke sini bersama komunitas contohnya, maka anda bisa menggunakan saung atau balai ini sebagai tempat berkumpul atau mengadakan berbagai kegiatan acara yang sifatnya masal.

3.Menara Pandang dengan teropong

Bagi anda yang ingin melihat bagaimana keindahan alam serta lautan luas yang menghampar biru hingga batas cakrawala, maka anda bisa mengunjungi lokasi menara pandang dengan teropong.

4.Shelter untuk peristirahatan dan rileks

Sahabat, mengakses semua sudut atau spot wisata yang menarik di sini harus dilakukan secara pelan dan jangan tergesa-gesa. Ambil nafas atau rehat sejenak ketika sehabis menikmati bagian yang satu ke bagian yang menarik lainnya di shelter ini.

5.Jogging Track

Sahabat, berjalan menapaki jalan setapak bisa anda lakukan di sini, menikmati bebrgai jenis flora dan melihat fauna yang hidup di tengah habitatnya yang masih alami pasti menjadi sebuah tantangan dan pengalaman bagi anda.

6.Kuliner Malam Ikan bakar

Nah, kegiatan yang satu ini wajib anda persiapkan dengan baik, menikmati sajian makan malam dengan menyantap hidangan ikan bakar, apalagi ikannya adalah ikan khas batu karang yang terkenal sangat lezat seperti ikan kerapu pasti akan menjadi semakin nikmat dan berselera.

7.Play Ground

Bagi anda yang datang bersama anggota keluarga atau anak yang masih kecil, selain bisa bermain di hamparan pasir putih di sana, bermain di tempat yang teduh beralaskan dengan rumput yang hijau adalah sebuah kegiatan wisata yang sangat menarik

8.Camping Ground

Sudah saya jelaskan di atas, bagi anda yang bosan bermalam di ruangan seperti hotel atau villa, mencari sensasi baru dengan bermalam di luar dengan cara bercamping, pasti akan seru untuk dicoba

Nah sahabat itulah fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Karang Nini di Pangandaran, masih banyak yang lainnya seperti tempat parkir, mushola hingga kamar mandi untuk keperluan MCK.

Harga Tiket Parkir Pantai Karang Nini Pangandaran

Nah sahabat traveler’s, tepat pukul 12.20 WIB di mana hari tampaknya semakin panas, setelah melaksanakan sholat duhur di mushola sekitar areal parkiran, saya pun siap-siap melanjutkan perjalanan. Setelah beres dan siap saya menuju kendaraan si kukut Yamaha X Rider dan membayar tiket parkir ¬†untuk kendaraan bermotor roda duayang sepertinya dikelola oleh karang taruna setempat sebesar Rp.2.000.

Nah sahabat traveler’s, jalan menuju ke arah jalan utama, saya sempatkan untuk singgah dulu ke lokasi tempat penginapan yang ada di pantai karang nini yang lokasinya tidak jauh dari tempat saya berfoto-foto di atas, lokasinya yang teduh dan sangat nyaman, membuat saya sempat memarkirkan kembali motor saya dan kembali membidik pondokan-pondokan yang berdiri di sana plus pemandangan laut lepas tepat di depan pondokan yang sangat menggoda, indah luar biasa.

Parkir Kendaraan Yamaha X Ride di depan pondokan Karang Nini

Parkir Kendaraan Yamaha X Ride di depan pondokan Karang Nini

Di halaman pondokan adalah berupa hamparan rumput yang cukup tebal dan bersih, sehingga saya pun mendapati banyak pengunjung yang sedang duduk bersantai sambil lesehan bersama pasangan dan temannya, sambil bercanda mata mereka bisa dengan bebas menikmati sajian alam lepas pantai yang sangat begitu indah. Nah, setelah memfoto pondokan untuk dokumentasi blog aneka wisata indonesia, saya pun ambil motor dan melanjutkan perjalanan ke target selanjutnya yaitu Green Canyon.

Nah sahabat traveler’s pecinta traveling adventure, demikianlah laporan perjalanan wisata petualangan saya bersama si Yamaha X rider ke Pantai Legenda Karang Nini di pangandaran ini, semoga bermanfaat dan terus update kegiatan perjalanan tour saya ke seluruh pelosok nusantara hanya di www.anekawisataindonesia.

Dan sebagai penutup sajian informasi saya tentang salah satu pantai terindah di indonesia ini, maka berikut adalah info selengkapnya tentang Pantai Legenda Karang Nini khusus untuk anda.

Alamat Pantai Karang Nini Pangandaran

  • Jalan Putrapinggan Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat Indonesia

Nomer Telepon Pantai Karang Nini Pangandaran

  • Untuk informasi wisata, kegiatan hingga booking tempat pondokan,silahkan anda bisa hubungi nomer telepon 0817-613-246

Jam Buka Pantai Karang Nini Pangandaran

  • Objek wisata pantai karang nini buka setiap hari Senin – Minggu, dan operasionalnya adalah 24 jam

Peta Lokasi Pantai Karang Nini Pangandaran

  • Untuk melihat peta lokasi, silahkan anda bisa buka di sini.

Rute Jalan Menuju Pantai Karang Nini Pangandaran

Sahabat traveler’s, untuk mengakses lokasi wisata pantai legenda karang nini, alat transportasi yang digunkan bisa memakai transportasi umum seperti bus, mini bus, elf hingga ojek dan angkutan pedesaan. Namun saran saya tetap membawa kendaraan pribadi jauh lebih efisien karena anda harus masuk ke dalam lokasi sejauh 2,5 km lagi.

Dan berikut adalah rute jalan menuju pantai legenda karang nini yang bisa anda gunakan :

  1. Bandung – Tasikmalaya – Ciamis – banjar – Banjarsari – -Padaherang – Kalipucang – Lokasi sejauh 210 KM
  2. Garut – Tasikmalaya – Ciamis – banjar – Banjarsari – -Padaherang – Kalipucang – Lokasi sejauh 170 KM
  3. Cirebon – Tasikmalaya – Ciamis – banjar – Banjarsari – -Padaherang – Kalipucang – Lokasi sejauh 170 KM

Sahabat Traveler’s pecinta perjalanan petualangan wisata, Demikianlah informasi salah satu Tempat Wisata yang menarik di Pangandaran , yaitu tempat Wana Wisata Pantai Karang Nini Pangandaran.

Sumber : Disparbud.Jabarprov.go.id

 

Pantai Karang Nini
  • Pantai Karang Nini

Info Wisata

Nama : Pantai Karang Nini
Alamat : Jl.Putrapinggan, Emplak Pangandaran
No Tlp : 0817-613-246
Jam Buka : Senin-Minggu, 24 Jam
Harga Tiket : Rp.7.500
Fasilitas : Pondokan,Play & Camping ground dll

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.