Beranda » Tempat Wisata » Bandung » Curug Malela Gunung Halu – Info lengkap Harga & Fasilitas
Curug malela gunung halu

Curug malela gunung halu

Hallo semua sahabat Mawa holiday yang budiman, apa kabar semua? semoga sahabat semua baik – baik saja ya. Balik lagi sama admin nih, ngomong – ngomong  sahabat disini ada yang tau objek wisata CURUG MALELA.

Nih buat yang belum tau, disini admin akan  memberikan informasi tentang objek wisata CURUG MALELA mulai dari review lokasi, harga dan fasilitas serta tips-tips untuk kalian yang akan berkunjung ke tempat ini.

Semoga artikel ini bisa menjadi manfaat untuk sahabat semua ya termasuk untuk yang  akan berkunjung ke objek wisata ini. Langsung aja yuk kita simak bareng – bareng.

Wisata Curug Malela Gunung Halu

Curug malela ini adalah salah satu dari tempat wisata yang ada di Bandung. Curug melaela ini sangat cocok di jadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga, teman – teman maupun pasangan sahabat masing – masing. Curug malela ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 60 – 70 meter serta lebar sekitar 50 meter.

Dengan hulu sungai  berasal dari lereng utama dari gunung kendeng yaitu sebuah gunung berapi dari sebelah barat dari wisata di ciwidey, yang nanti nya air akan membentuk jaringan sungai cidadap lalu bermuara ke cisoka.

Air dari curug malela ini sangat deras dan jika sahabat sedang beruntung nantinya sahabat bisa melihat ratusan monyet yang berekor panjang atau (macaca pasciscularis ) yang sedang minum di bawah curug malela ini.

Memang luas dari seluruh tempat wisata curug malela ini sekitar 2 kilometer sehingga saat sahabat pergi kesana bisa menghabiskan waktu untuk seharian saja.

Curug malela ini merupakan air terjun paling atas dari rangkaian tujuh air terjun sepanjang  1 kilometer, yang urutannya adalah: curug malela, curug katumiri, curug manglid, curug ngebul, curug sumpel, curug palisir dan curug pameungpeuk. Semua curug tersebut terletak di daerah Cicadas, kecamatan rongga kabupaten Bandung barat.

Curug malela ini mempunyai 5 buah jalur air sungai yang mempunyai kekhasannya masing – masing sekaligus memperlihatkan keindahan nya apalagi dilihat pada saat air yang mengalir deras.

View suasana pembaharuan fasilitas

View suasana pembaharuan fasilitas

Panorama Pelangi Curug Malela Gunung Halu

Seperti di curug katumiri setiap pagi nya nanti sahabat akan di perlihatkan pelangi di badan air terjun laksana curug cimahi.

Di curug ini dimana pada saat air terjunnya jatuh ke bawah, nanti akan berkumpul dan menghasilkan seperti efek kabut dan suara yang keras yang di karenakan air yang jatuh sangat deras.

Ada curug palisir, curug ini jika sahabat semua perhatikan maka curug ini hampir sama karakter nya dengan curug malela ini walaupun memang ketinggian dari curug palisir ini lebih rendah dari curug malela.

Ada lagi curug pameungpeuk, curug ini adalah air terjun yang mempunyai muara antara sungai cidadap dan cisoka yang letak nya tidak jauh dari air terjunnya ini.

Ada lagi curug manglid yang unik dicurug ini adalah memiliki sebuah goa yang ada tepat di bagian belakang dari terjun tersebut.

Dan yang terakhir ada curug sumpel, yaitu curug ini memiliki daerah di bawah air nya yang sangat lebar meski memang terlihat begitu sempit jika sahabat melihat dari kejauhan.

Yang disenangi oleh para pengunjung  di curug malela ini adalah, jika sahabat sudah melihat dari jauh curug ini pun air nya sudah bisa terlihat dengan putih nya, di susul oleh suara jatuhnya air sangat deras.

Saat sahabat sudah ada di depan curug malela ini nanti sahabat akan melihat sebuah tebing yang sangat tinggi terlihat di bagian kanannya berwarna putih yang mengarah ke bawah air terjun.

Baca juga artikel wisata lembang dan sekitarnya recomended.

Surga Tersembunyi Curug Malela Gunung Halu

Begitu dengan keindahan curug malela ini ada banyak wisatawan yang menyebutnya bahwa curug malela ini adalah surga yang tersembunyi di sebuah pedalaman, tetapi curug malela ini masih bisa di sebut jarang di datangi oleh para pengunjung karena ketidak tahuan tempat nya.

Memang curug malela ini sering di sebut oleh para wisatawan sebagai air terjun mini niagara di Indonesia. Karena di tempat curug malela ini sahabat bisa menikmati pesona dari pemandangan air terjun tersebut setinggi 60 – 70 meter dengan lebar hampir 50 meter,

ini lah yang menjadi daya tarik para pengunjung untuk pergi ke curug malela ini ditambah lagi sahabat nanti bisa berenang dan bermain air di sepanjang aliran dari curug tersebut sambil menikmati kabut yang terdapat disana.

Ada pula informasi yang di dapatkan, bahwa sejak 10 september 2019 kemarin pengelolaan objek wisata dari curug yang terbesar dan tertinggi di kota kembang ini akan di perbarui,

yaitu dimana pemerintahan dari provinsi jawa barat ini sudah menyerahkan bantuan uang senilai 3 miliyar kepada pemerintahan kabupaten Bandung untuk penataan kembali objek wisata curug malela ini,

agar bisa menambah ketertarikan pengunjung dari luar kota bahkan luar negeri berdatangan ke tempat ini dengan sangat nyaman tanpa ada kendala apapun atau kekurangan apapun yang bisa menjadikan pengalaman menyenangkan untuk sendiri nya.

Memang dengan dana yang diberikan ini sangat menjamin bahwa pastinya curug malela ini akan di bangun dengan fasilitas – fasilitas yang sangat mendukung pula.

Sejarah Curug Malela Gunung Halu

Kata curug malela ini berasal dari bahasa sunda, CURUG yang mempunyai arti air terjun dan MALELA itu merupakan ungkapan rasa kagum masyarakat di tanah sunda ini untuk mengungkapkan sesuatu yang sangat luar biasa.

Lain keindahan dari curug malela ini, ternyata cerita – cerita dari curug malela ini sangat banyak dari tempat wisata curug malela ini sering di datangi oleh para kera – kera ekor panjang yang sedang minum di bawah air terjun tersebut.

Memang tidak ada keanehan lagi pula lokasi curug malela ini memang berada di kawasan hutan tetapi ada mitos yang terdengar bahwa jika nantinya sahabat melihat kera ekor panjang ini sedang minum lebih baik jangan mengganggu apalagi menyakiti kera – kera ini jika sahabat tidak ingin celaka.

Dan yang sangat terkenal misteri dari curug malela ini adalah curug ini sering menelan korban jiwa itu pun mungkin karena ke tidak berhati – hatian nya saat berkunjung kesana.

Terlepas dari itu pun memang tempa ini sering disebut angker, ada beberapa wisatawan yang berenang di bawah air terjun nya ini justru mereka terbawa arus dari keras nya air curug ini.

Tubuh dan kepala mereka terkena bebatuan yang besar yang ada disana, alhasil mereka di temukan tewas dengan luka – luka yang terdapat di sekitar tubuh nya.

Sebagian besar korban yang terbawa arus curug ini pasri ditemukan dengan keadaan meninggal bahkan kadang – kadang TIM SAR menemukan korban tersebut membutuhkan waktu berhari – hari.

Ada yang mengatakan bahwa jasad dari mereka ini di sembunyikan oleh makhluk ghaib. Memang percaya atau tidaknya dari cerita tersebut sahabat harus tetap berhati – hati dan waspada jika berada di suatu tempat.

Lokasi curug malela gunung halu

Lokasi curug malela gunung halu

Lokasi Curug Malela Gunung Halu

Curug malela ini merupakan salah satu tempat wisata di kabupaten Bandung yang lokasinya tidak jauh dari kawasan lembang.

Curug malela ini berlokasi di kabupaten Cianjur kampung manglid, desa cicadas, kecamatan rongga, kabupaten bandung barat jawa barat.

Untuk rute perjalanan dari Bandung ini bisa dilalui menuju jalur alternatif seperti ke arah cimahi – cililin – sendang kerta – bunijaya lalu nantinya akan masuk ke wilayah perkebunan teh montaya, jika ragu dengan rute ini agar lebih jelas nya sahabat nanti bisa meminta warga di sekitar sana untuk menunjukan jalan atau menjadi guide.

Jika sahabat membawa kendaraan roda 4 jarak yang harus di tempuh sejauh 3 kilometer tetapi jika menggunakan kendaraan roda 2 dari desa masih bisa menempuh sejauh 2 kilometer dengan melintasi perhutanian, kemudian sekitar 1 kilometer dari curug sahabat harus memarkirkan kendaraan dan berjalan kaki sampai curug malela ini.

Fasilitas Di Curug Malela

Banyak fasilitas yang baru di curug malela ini, seperti :

Plaza curug malela, adalah sebuah tempat yang berbentuk lingkaran dengan garis tengah lingkaran berdiameter 15 yang sudah pas menjadi sebuah ciri khas di curug malela ini.

Ada juga shelter, adalah sebuah tempat untuk pemberhentian para pengunjung untuk menuju ke lokasi yang berukuran 4 x 4 meter dan terdiri dari 8 unit shelter dengan masing – masing berjarak 50 meter.

Curug malela juga bisa di jadikan sebagai tempat untuk bercamping, disini di sediakan area campinground, banyak juga wisatawan menjadi curug malela ini sebagai tempat tujuan untuk bercamping.

Ada amphitheatre, area ini yang bisa nya digunakan jika ada pertunjukan musik di curug malela ini, selain tempat untuk pertunjukan musik di sediakan juga tempat track motor untuk sahabat para pecinta motor pasti akan sangat betah ada di curug malela ini.

Disediakan juga taman dengan bunga – bunga yang cantik juga asli disana terdapat juga tempat duduk untuk sahabat yang ingin sekaligus bersantai di temani oleh  bunga – bunga yang cantik ini.

Terdapat juga mushola dan toilet, fasilitas ini memang yang paling penting ada di suatu objek wisata dan curug malela ini menyediakan nya jadi tidak usah jauh – jauh jika ingin pergi ke toilet atau mushola karena sudah tersedia disini.

Dan jangan lupa juga ada tempat untuk membeli makanan dan minuman,  jika sahabat kelaparan atau kehausan setelah berjalan – jalan mengelilingi curug malela ini bisa mampir di tempat ini, dan juga ada tempat untuk membeli oleh – oleh pastinya mudah di didapatkan tidak perlu mencari lagi di luaran sekaligus ada aneka kerajinan tangan yang tersedia disana.

Harga Tiket Masuk Curug Malela

Untuk harga tiket masuk ke curug malela ini hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 5.500 untuk per – orang nya dan untuk harga parkir nya untuk  motor RP. 2.000 dan untuk kendaraan mobil Rp. 5.000.

Jam Operasional Curug Malela

Untuk jam beroperasi curug malela ini dari hari senin sampai minggu atau setiap hari dan dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Tips Ber Kunjung Ke Curug Malela

Untuk tips nya hanya di beritahukan jangan berkunjung pada saat musim hujan, karena jarak untuk ke curug malela ini harus melewati jalanan yang sulit dan harus ekstra hati – hati.

Harus tetap fokus dan jika sahabat datang ke tempat ini pada musim hujan jalanan pasti akan sangat licin dan berlumpur, selain itu warna curug tidak akan bening seperti di musim kemarau air akan berwarna kecoklatan karena bercampur dengan lumpur setelah hujan.

Teman – teman tercinta Mawa holiday, bagaimana? apakah sudah cukup tentang informasi mengenai objek wisata curug malela ini? pasti deh disana kalian akan menemui pengalaman baru dan pastinya menarik.

Terimakasih dan selamat berlibur…

Penulis

Anditta alfira hadi putri

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.