Beranda » Tempat Wisata » Bandung » Curug Bugbrug Cisarua Bandung – Info Lenkap Harga & Fasilitas
Curug bugbrug cisarua bandung

Review lokasi wisata air terjun cisarua bandung

Hallo semua sahabat Mawa holiday yang budiman, apa kabar semua? semoga sahabat semua baik – baik saja ya. Balik lagi sama admin nih, ngomong – ngomong  sahabat disini ada yang tau objek wisata CURUG BUGBRUG ?

Nih untuk sahabat yang belum tau, disini admin akan memberikan informasi tentang objek wisata  CURUG BUGBRUG ini dari review lokasi, harga dan fasilitas, serta tips-tips untuk kalian yang akan berkunjung ke tempat ini.

Semoga artikel ini bisa menjadi manfaat untuk sahabat semua ya termasuk untuk yang  akan berkunjung ke objek wisata ini. Langsung aja yuk kita simak bareng – bareng.

Pemanangan curug bugbruk cisarua bandung

Pemanangan curug bugbruk cisarua bandung

WISATA CURUG BUGBRUG

Memang kota Bandung atau yang sering disebut kota kembang  ini terkenal akan tempat wisata nya yang indah – indah dan masih terbilang alami tanpa buatan, bahkan banyak juga wisatawan sengaja datang seperti ke beberapa objek wisata salah satunya curug yang ada di Bandung ini hanya untuk melepaskan penat.

Berbicara tentang curug yang terdapat di kota Bandung ini memang banyak sekali yang bisa sahabat kunjungi seperti curug tilu, curug cinulang cicalengka, curug cimahi, curug lalay, curug pelangi dan banyak lagi yang masih bisa di temui di kota kembang ini.

Salah satu nya adalah ada curug bugbrug, sedikit penjelasan kata BUGBRUG ini berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti bertumpuk.

Apabila sahabat ada yang bertanya mengapa di namai curug bugbrug jawabannya karena air yang jatuh dari atas ke bawah itu terlihat seperti bertumpuk – tumpuk  dan apabila jatuhnya air itu terdengar suara seperti  BRUGG… BRUGG…BRUG… mungkin sangking deras nya air yang jatuh dan mengalir sehingga menimbulkan suara tersebut.

Curug ini memiliki ketinggian airnya sekitar 1.050 meter tingginya sekitar 50 meter  di atas permukaan air laut dan lebar curug nya sekitar 2 meter .

Lokasi dari curug bugbrug ini hampir dekat dengan tempat wisata lainnya termasuk  Ciwangun indah camp (CIC) pastinya tempat ini sangat cocok di jadikan sebagai tempat untuk bersua foto.

Wisata Kolam Renang Curug Bugbrug

Juga apabila sahabat bosan bisa pergi ke bawah, disana terdapat kolam renang yang sumber airnya terdapat dari jatuhan air curug bugbrug tersebut, dengan kedalaman 3 meter air nya yang segar dan jernih.

Tetapi sangat disarankan untuk tidak mencoba berenang di kolam tersebut, karena memang kolam ini terlihat sangat menantang untuk sahabat yang senang dengan tantangan tetapi yang di informasikan pusaran dari air yang ada di tengahnya ini cukup sangat kuat dan bisa membahayakan jika ada yang nekat untuk berenang ke kolam renang ini.

Nantinya sahabat juga jangan khawatir, masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan di curug bugbrug ini seperti sahabat bisa mengambil foto di sekitaran objek wisata ini dengan begitu tempatnya sangat eksotis terutama di bagian timur ada batu – batuan yang sangat besar,  kemudian tepat di depannya terdapat jalan dari kayu dan bambu yang cocok untuk dijadikan tempat sahabat berfoto.

Banyak sekali yang menjadi keuntungan tersendiri jika sahabat pergi ke curug ini yaitu air terjun ini alami dan letaknya pun tersembunyi  jadi terbilang masih jauh dengan campur tangan manusia.

Memang tempat nya pun masih kurang banyak diketahui oleh orang – orang, tetapi tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan kepenatan setelah melakukan beberapa pekerjaan di hari – hari sebelumnya.

Dengan melihat pemandangan hijau dari bayak nya pohon – pohon yang terdapat disana dan udara sejuk jauh dari tercampur nya folusi dan suara air yang keras serta percikan – percikan dari air terjun tersebut.

Sejarah Curug Bugbrug

Dari namanya yaitu curug bugbgrug, CURUG dalam bahasa sunda yang berarti air terjun dan BUGBRUG yang berarti bertumpuk, seperti yang sudah di jelaskan di atas mengapa dinamai curug bugbrug karena air yang jatuh kebawah itu berbunyi BRUG…BRUG..BRUG.. sehingga dinamai dan dikenal oleh masyarakat sekitar yaitu curug bugbrug.

Ternyata curug bugbrug ini adalah tempat wisata bersejarah yang ada hubungannya dengan objek wisata sejarah lainnya seperti goa pawon, sanghyang tikoro dan gunung batu.

Perlu sahabat ketahui juga bahwa curug ini awal nya terbentuk dari aliran larva gunung purba yang sudah terbentuk sejak ribuan tahun lalu,

dan curug bugbrug inilah merupakan bagian dari patahan lembang  juga merupakan jalur dari hilangnya danau purba serta di yakini oleh para ahli dari Amerika yang sudah melakukan penelitiannya, bahwa dari jalur patahan lembang ini juga jika terjadi gempa maka wilayah Bandung akan hancur, ini pun baru sekedar penelitian.

Lokasi Curug Bugbrug

Curug bugbrug ini berada di jalan Kolonel masturi, desa kertawangi, kecamatan cisarua Lembang kabupaten Bandung barat .

Memang lokasi dari curug bugbrug ini ada di pedalaman tetapi sangat mudah untuk di akses, seperti jika sahabat memutuskan untuk melakukan penginapan di villa istana bunga dan esok nya baru akan pergi ke curug ini sahabat hanya tinggal berjalan kaki sekitar 300 meter untuk sampai ke sini karena keadaan villa dari istana bunga ini dekat dengan curug.

Jika melalui jalur komando, seperti yang diketahui bahwa jalur komando ini dekat dengan dusun bambu dari situ sahabat jika ada yang membawa kendaraan pribadi seperti motor bisa saja di titipkan di masjid dekat situ lalu bisa menempuh curug bugbrug ini dengan berjalan kaki sekitar 30 menit.

Lalu jika ada sahabat yang melakukan perjalanan dari arah curug cimahi maka sahabat bisa ke curug bugbrug ini dengan melakukan perjalanan ke arah timur sampai menemukan sebuah jembatan,

dari arah jembatan nanti belok ke arah utara dengan menyusuri jalan yang melintasi ladang dan tempat berkebunan dari para petani dan nanti nya akan menemukan curug bugbrug ini di dekat sebuah tebing.

Harga Tiket Masuk Curug Bugbrug

Untuk harga tiket masuk nya hanya Rp. 7.500 per – orang nya dan juga jika sahabat membawa kendaraan pribadi hanya membayar parkir Rp. 2.000 untuk  motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Jam Buka Curug Bugbrug

Untuk jam buka dari curug bugbrug ini dari hari senin sampai minggu atau setiap hari dan dibuka untuk 24 jam nya, tetapi orang – orang disekitar situ sering menyebutnya bahwa curug bugbrug ini buka mulai dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

Fasilitas Curug Bugbrug

Memang untuk keadaan fasilitas dari curug bugbrug ini masih dibilang sederhana dan seadanya tetapi masih cukup membantu untuk sahabat yang datang kesini seperti tempat parkir dan sebagainya.

Disana juga disediakan saung – saungan sederhana yang bisa di gunakan saat sedang ingin bersantai setelah kelelahan berjalan menuju curug ini atau setelah berfoto – foto.

Selain itu juga disediakan mushola untuk tempat kita beribadah serta kamar mandi yang masih di bilang sederhana tetapi masih sangat layak digunakan,

jika untuk tempat makan dan minuman seperti warung – warung kecil sayang nya belum tersedia disini jadi bisa saja sahabat membawa bekal makanan cemilan ringan dan minuman ke curug bugbrug ini untuk sahabat jika tiba – tiba merasa lapar.

Tips Berkunjung Ke Curug Bugbrug

Untuk sahabat yang senang berfoto sebaiknya sebelumnya sahabat mengetahui terlebih dahulu tempat mana saja yang bisa dan tidak bisa di gunakan untuk berfoto atau melakukan survei tempat.

Karena untuk berjaga – jaga juga sahabat bisa menanyakan nya lewat teman – teman yang sudah pernah pergi ke curug bugbrug ini, juga bisa mencari informasinya dengan melalui internet atau bisa bertanya langsung ke tempatnya lalu bertanya pada orang disekitar situ.

Sahabat harus memperhatikan musim saat akan berangkat, karena air terjun dahulu dengan air terjun sekarang ini sudah sangat beda sekali,

dimana ada beberapa daerah air terjun yang memiliki kondisi air yang saat musim hujan maupun musim kemarau tetap stabil kondisi air nya juga masih tetap terlihat jernih.

Karena kebanyak curug – curug di pulau jawa ini memiliki air terjun yang jika musim hujan datang akan berubah menjadi keruh kotor dan apabila pada musim kemarau akan terlihat sangat indah dan bersih.

Utamakan Keselamatan & Trik Foto

Juga pada tempat wisata ini sangat di anjurkan untuk datang pada saat musim kemarau atau saat pergantian musim hujan ke musim kemarau.

Karena pada saat itu nantinya keadaan debit air akan cukup banyak juga tidak terlalu terlihat keruh, dari itu juga memang jika sahabat mengunjungi tempat ini pada saat musim hujan pastinya akan melewati jalanan yang sangat licin karena keadaan nya pun yang tidak bisa di kondisikan, di anjurkan agar memakai sepatu atau sendal yang sesuai dengan bahan nya yang tidak licin atau khusus untuk jalanan licin.

Yang selanjutnya tetap menjaga keselamatan sahabat masing –masing, dianjurkan juga untuk memakai pakaian yang sesuai dan juga tidak terlalu ketat karena untuk membantu kelancaran sahabat jika akan melakukan hiking menuju air terjun ini cukup menanjak ini,

karena jika sahabat memakai  pakaian yang terlalu sempit atau ketat pasti menyusahkan sahabat sendiri untuk melakukan pendakian ini dan juga jika memakai baju yang terlalu lebar kemungkinan akan tersangkut pada benda – benda yang terdapat disana.

Dan jika untuk para fotografer yang akan melakukan pemotretan di curug bugbrug ini lebih baik menggunakan aturan sepertiga foto atau dimana keberadaan foto diambil menjadi sembilan bagian.

Hal yang paling unik juga jika sahabat menggunakan aturan sepertiga foto ini untuk mengambil gambar dari air terjun pasti akan terlihat semua daerah dari air terjun nya.

Ini nantinya foto akan terlihat lebih luas dan seperti ada gambar – gambar yang hidup dan jangan lupa untuk menggunakan filter yang sesuai dan cocok untuk semakin mempercantik hasil foto sahabat semua agar terlihat lebih asli.

Teman – teman tercinta Mawa holiday, bagaimana? apakah sudah cukup tentang informasi mengenai objek wisata curug bugbrug  ini? pasti deh disana kalian akan menemui pengalaman baru dan pastinya menarik.

Terimakasih dan selamat berlibur…

Penulis

Anditta alfira hadi putri

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.