Citumang – Road To Green Valley Pangandaran

Citumang Pangandaran – Anda mau liburan dengan mengunjungi sejumlah Tempat Wisata di Pangandaran terpopuler saat ini yang bisa jadi rekomendasi rekreasi anda bersama keluarga ? datanglah ke objek wisata Citumang !! namanya bisa jadi belum sepopuler dengan objek wisata di pangandaran dan sekitarnya seperti Pantai Batu Karas atau Pantai Pangandaran itu sendiri misalnya, akan tetapi penulis yakin dengan sejuta pesona dan daya tarik tempat yang populer dengan julukan Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran ini akan menjelma menjadi primadona baru wisata terpopuler sebuah kabupaten di ujung selatan pulau Jawa ini.

Halo sahabat traveler’s pecinta blog Aneka Wisata Indonesia !! apa kabar ? jumpa lagi dengan saya Kang Dian penulis blog informasi Tempat Wisata di Indonesia, yang akan mengabari terus anda dengan berbagai info wisata menarik di indonesia yang wajib anda ketahui, dari kisah perjalanan Travel Adventure saya untuk blog Adventure X Rider  yang kali ini akan memberikan laporan perjalanan wisata adventure ke  Citumang Green Valley Pangandaran untuk anda di www.anekawisataindonesia.com.

Nah, seperti apakah daya tarik dan daya magic dari tempat wisata di Citumang Pangandaran ini sehingga berhasil menggaet banyak wisatawan yang tidak hanya wisatawan domestik tapi juga mancanegara untuk datang ke sini ? Dimanakah letak atau lokasi wisatanya ? berapa harga tiket masuknya dan pastinya informasi seru lainnya, yuk kita simak saja kisah perjalanan Travel Adventure saya ke tempat yang populer dengan sebutan Citumang Green Valley di Pangandaran ini, khusus badi anda pengunjung setia blog wisata indonesia ini.

Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Body Rafting adalah salah satu Kegiatan Wisata Favorit di Citumang

Sahabat traveler’s, saat ini nama Wana Wisata Citumang Green Valley di kabupaten Pangandaran memang sedang menjadi bahan perbincangan para netizen dari seluruh dunia di dunia maya, karena penampakan sejumlah penampakan foto-foto eksklusif alam yang sangat indah dan segala aktifitas wisatanya yang seru dan menantang. Hal ini beralasan karena memang dengan kepala saya sendiri saya melihat ternyata potensi wisata keindahan alam hutan dan sungai serta air terjunnya sangat lar biasa indahnya.

WW Citumang sendiri saat ini memiliki luas sekitar 6,6 hektar di bawah RPH cisaladah BPKH Pangandaran KPH Ciamis. Lokasi Citumang berada di wilayah administratif Desa Bojong Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Terletak pada ketinggian 100 – 150 mdpl, dengan kontur tanah yang datar kawasan wisata ini mempunyai suhu antara 25 – 28 derajat celsius, cukup sejuk di banding dengan kawasan wisata yang ada di dekatnya Pantai Batu Hiu.

Sahabat traveler’s, Secara umum berikut adalah beberapa aktifitas wisata yang sangat menarik yang bisa anda lakukan selama berwisata di Citumang Green Valley Pangandaran :

  • Berenang di aliaran Sungai Citumang, kegiatan ini adalah kegiatan wajib yang sepertinya harus anda lakukan, selain aliran air sungainya dangkal, tidak deras dan sangat bersih dan jernih jika musim kamarau seperti di bulan mei sekarang
  • Outbound, di sini adalah lokasi yang snagat ideal dan pas untuk melakukan kegiatan outbound yang khas dan alami, pastinya lebih seru dan menantang untuk dicoba
  • Trekking, di sini pengelola terlah menyediakan jalan setapak masuk ke hutan ( Trail ) yang bisa anda lewati tanpa harus bingung lagi kemana anda melangkah.
  • Bersampan, di aliran sungai yang tenng, berwarana jernih dan di sepanjang aliran sungai banyak pohon besar dan membuatnya teduh akan menjadikan aktifitas seru untuk bermain sampan atau Cannoing
  • Camping, di sini tersedia hamparan lahan yang luas dan sangat ideal dijadikan sebagai sarana wisata camping ala di tengah hutan belantara.

Surga wisata dengan keindahan pemandangan alam hutan yang luar biasa asri, teduh, hijau dan sejuk suhunya ini, sudah seperti perpaduan simbiosis mutualisma antara kawasan wisata alam hutan lindung dengan sebuah alur sungai yang membelah kawasan wisata Citumang Pangandaran ini, sungguh jika saya setuju maka anda pun akan setuju bahwa tempat ini sangat eksotis dan cocok dijuluki objek wisata Miniatur Green Canyon.

Nah, mau tahu lebih detil kisah perjalanan petulangan saya mulai dari mencari, menemukan, tiba di lokasi dan menikmati sebuah ” Surga Tersembunyi ” ini, silahkan anda simak saja paparan kisah saya mengunjungi objek wisata terkenal di pangandaran yang baru Green Valley Citumang Pangandaran di bawah ini !!

Citumang – Trip To Green Valley Pangandaran

Wisatawan Mancanegara di Citumang Green Valley Pangandaran

Sahabat traveler’s, hari itu hari minggu, tepatnya tanggal 5 Juni 2016, di bawah terik matahari yang panas yang memang sangat khas dan identik dengan wilayah priangan timur seperti wilayah Pangandaran, saya ditemani dengan sepeda motor saat ini yang saya pakai untuk menjelajah negeri indonesia, Yamaha X Rider berhasil menyelesaikan misi mengunjungi salah satu Tempat Wisata di Jawa Barat yang menarik, tepatnya Citumang di Pangandaran.

Berangkat dari titik awal di daerah Banjarsari ( Wilayah Kabupaten Ciamis ) atau berjarak kurang lebih 40 KM ke pantai pangandaran ( Kabupaten Pangandaran ) sekitar pukul 08.00 Wib, saya ditemani pemandu wisata sekaligus teman saya sendiri yang bernama Imat Rohimat ( Thanks oHim !! ), yang justru dari informasi dialah saya menjadi tahu, bahwa katanya ada tempat wisata air terjun baru di sekitar pangandaran yang sedang naik daun, yaitu di Citumang.

Nah berbekal informasi dari ” Si Ohim ” teman saya tersebut akan adanya surga wisata yang lokasinya tidak jauh dari pantai pangandaran, maka sejujurnya berbekal informasi yang membuat penasaran dan rasa ingin tahu itulah, saya rela menembus teriknya sinar matahari siang yang sangat menggigit dengan menunggangi motor saya si X Rider yang sukses membuat kulit tangan jadi hitam ( Bagi anda yang naik mobil insyaAllah tidak usah khawatir kepanasan tentunya ).

Citumang Pangandaran Memang Super Eksotis Banget !!

Sahabat traveler adventure, objek wisata Green Valley Citumang Pangandaran ini sebenarnya adalah target destinasi perjalanan wisata adventure saya yang ke 5 ke sejumlah Tempat Wisata Menarik Di Pangandaran dan Terkenal yang saya kebut hanya dalam 1 Hari loh !! karena sebelumnya saya harus singgah dulu di Gua Donan, Pantai Karang Nini, Green Canyon kemudian Pantai Batu Karas dan Citumang sendiri.

Tepat sekitar jam 15.30, akhirnya dalam kondisi fisik yang sudah mulai melelah dan terkuras oleh keringat karena terik matahari yang siang itu sangat panas sekali, saya pun akhirnya alhamdulillah sampai juga di lokasi tempat wisata Citumang ini. Jujur dari awal saya ragu dan bertanya sama teman saya ” Si Ohim “, apakah benar menarik tempatnya dan apa saja sih yang bagus di sana ? dia pun hanya menjawab ” Alus cenah ceuk batur mah, aya air terjunan !!” ( kata orang bagus, ada air terjunnya )

Pertanyaan saya di atas semakin di kuatkan ( saya ragu objek wisata Citumang itu bagus dan menarik ) ketika saya kesulitan menemukan lokasi menuju daerah wisata alam citumang dari arah Pantai Batu karas menuju Pangandaran, sehingga saya harus bertanya kepada salah seorang penjaga tempat pengisian bensin ( POM Bensin ) di pinggir jalan. Dan dia jelaskan, sekitar 200 meter dari situ, ada toko Indomaret di depan dan ada plang tulisan kecil ” Citumang “, silahkan belok kiri saja.

Nah berbekal informasi si akang penjaga Pom bensin itulah dengan memacu kendaran si Yamaha X rider pelan-pelan, benar saja selang beberapa lama, saya menemukan toko Indomaret yang tidak terlalu besar persis di pinggir jalan, dan sebelum ambil belokan ke kiri, ada plang tulisan ” Citumang ” yang kecil dan terhalang oleh pepohonan, sehingga kita harus jeli memperhatikannya jika tidak mau tersesat atau terlewat.

Sahabat traveler’s, pertama masuk belok kiri jalan, yang saya dapati sebuah jalan tidak terlalu besar dan mulus, bisa masuk 2 mobil, namun salah satunya harus mengalah jika bersebrangan. Sebagian beraspal dan sebagaiannya lagi berbatu. Di awal sahabis belok kita memasuki sebuah kawasan lingkungan masayarakat, yang setelahnya kita masuk areal yang kanan kirinya terhampar pesawahan, sebelumnya akhirnya kita memasuki lagi sebuah kawasan pemukiman penduduk dan tiba di lokasi.

Jujur, Yang saya amati selama perjalanan, saya jadi bertanya ” Apakah daerah Citumang yang tampak dataran dan dikelilingi oleh pesawahan ini memang menyimpan sesuatu yang istimewa ?! “, jalan di awal agak lebar, makin masuk ke lokasi makin sempit, ada pemukiman warga serta tampak sepi begini ? tanya saya pada diri sendiri saat itu. Namun pelan tapi pasti pertanyaan itu mulai terjawab ketika saya mulai memasuki lokasi wisata di desa Citumang Kabupaten Pangandaran ini.

Wellcome to Citumang Green Valley Pangandaran

Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Sahabat traveler’s, setelah sekitar 5 km menempuh perjalanan dari arah jalan utama yang menghubungkan Pantai Pangandaran dan Pantai Batu karas ke Citumang, akhirnya tepat pukul 15.15 bertepatan dengan waktu sholat ashar tiba. Setelah terlebih dahulu saya menyusuri jalan setapak berbatu dan licin namun masih bisa dilalui kendaran motor, kemudian menanjak akhirnya alhamdulillah tiba juga saya di sana.

Pertama memasuki kawasan objek wisata Citumang Pangandaran ini, sudah begitu takjub, dimana saya melihat ada sebuah taman di depan mata yang hijau, di sekilingnya terdapat bangunan berupa kedai-kedai makan permanen yang refresentatif, toko souvenir hingga gazeboo besar plus tempat ibadah mushola. Tempat parkir kendaraan seperti motor dan mobil sendiri berada di tengah areal taman, sehingga sangat aman.

Setibanya di sana, saya langsung parkirkan si kukut Yamaha X Rider saya. Saya tidak langsung bergegas masuk kawasan, tapi saya dengan bertanya dulu ke tukang parkir objek wisata d Citumang, dimana lokasi tempat peribadahan berada. Dan akhirnya dengan sikap ramah tamah dan penuh kekeluargaan, si tukang parkir pun menunjukan saya arah menuju lokasi tempat sholat yang ternyata sebuah mushola tepat di pojok berdekatan dengan lokasi kamar mandi/wc.

Setelah sholat ashar selesai di mushola, maka saya pun mulai buka peralatan travel adventure saya yang paling penting, yaitu Kamera Canon EOS 550D ( Ssttt masih pinjam punya adik, belum terbeli dengan hasil Ngeblog dan ngurus travel blog ! hasilnya masih baru bisa buat bekal makan tiap bulannya, beli cigarret dan nyicil motor Yamaha X Rider ini, hahaha ). Setelah semuanya siap, akhirnya berjalanlah saya memasuki pintu masuk atau gerbang Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran ini.

Tiket Masuk Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Gerbang Pintu Masuk Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Sahabat traveler’s, tidak jauh dari mushola dan tempat parkir, dengan berjalan menuruni jalan yang lebih ke bawah ini, akhirnya saya menemukan gerbang masuk wana wisata Citumang. Pintu Gerbang masuknya sangat bagus dan terawat. Dan persis di sebelahnya ada tempat wisata kuliner sekaligus tempat nongkrong berupa kedai makan yang sepertinya sangat nyaman untuk disinggahi.

Setelah tiba di loket, saya pun lantas menyerahkan uang seratus ribu lembaran untuk 2 orang , untuk saya dan teman saya ” Si Ohim ” kepada petugas jaga. Dan mengembalikan sisa uang sebesar Rp.60.000, yang berarti harga tiket masuk per orangnya Rp.20.000 untuk weekend atau libur, karena saya datang ke sana pas ketika hari minggu, atau bertepatan dengan sehari sebelum awal bulan ramadhan 5 Juni 2016.

Daftar Harga Tiket Masuk Citumang Pangandaran :

  • Weekday Rp.15.000/orang
  • Weekend/Libur Rp.20.000/orang

Dengan besaran harga tiket tersebut, selainn anda sudah bisa memasuki kawasan wana wisata Citumang grren valley pangandaran, anda juga sudah mendapatkan jaminan asuransi perlindungan diri dari PT Asuransi Bakti Bhayangkara. Ini cukup penting sahabat traveler’s, meski tarif masuk harga tiket ke citumang ini jauh lebih mahal dari objek wisata lainnya di pangandaran, akan tetapi karena tempat ini adalah lokasi wisata adventure, maka cukup masuk akal juga harga tiketnya.

Eksotisme Dan Romantisme Citumang Green Valley Pangandaran

Nah sahabat traveler’s, setelah saya membayar harga tiket masuk wana wisata citumang di pangandaran ini, kemudian saya lanjutkan perjalanan masuk ke lokasi pusat wisata citumang dengan menapaki jalur jalan yang telah di sediakan pihak pengelola, berupa jalan yang terbuat dari pavin blok dan semen yang ada batu-batuan kecilnya supaya tidak licin.

Keadaan suasananya waktu itu yang memang sudah cukup sore sekitar jam 16.00 WIB, sehingga saya mendapati suasana kawasan wisata yang sedikit gelap, meski di sekitar area pintu masuk di depan terang dan sangat masih panas. Gelap di sini, memang karena di sepanjang jalan yang kita lalui,kita sedang berada di jalur jalan yang dihapit oleh tebing-tebing gunung yang berwarna indah yang sebagiannya telah ditempeli lumut.

Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Sangat asri dan bahkan suhu udaranya cukup sejuk di sini, karena juga banyak sekali pepohonan sangat besar di areal wisata, selain di sisi kanan dan kiri jalan yang kita lewati memasuki lokasi woisata utama, telah di tata hamparan taman dengan sejumlah tiang-tiang lampu penerangan yang pendek, dan saya yakin jika malam hari tempat ini bisa menjadi salah satu tempat wisata yang romantis di pangandaran.

Setelah berjalan di antara tebing pegunungan sepanjang kurang lebih 50 meter, kita akan tiba di areal yang cukup luas dan di sana berdiri beberapa gazebo atau saung buat pengunjung untuk beristirahat sejenak yang di samping ada aliran sungai yang airnya sangat jernih sekali dengan air yang terjunnya, sangat bening sehingga batuan di bawah sungai terlihat kehijauan seperti warna jamrud, indah sekali.

Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Setelah menikmati sejenak lokasi itu, saya pun melanjutkan perjalanan dengan tetap mengikuti rute jalan yang telah disedikan. Namun setelah lokasi areal itu, rute jalan mulai semakin gelap dan menanjak dan jalanan semakin licin karena basah dengan menyusuri tepian tebing gunung yang curam dimana di bawahnya terdapat sungai citumang yang berwarna hijau dan indah sekali dengan suara gemuruh air terjunnya.

Nah sahabat traveler’s, setelah berjalan tidak kurang 10 menit jika tidak berhenti-henti, maka anda pun akan tiba di lokasi ” Surga Tersembunyi ” di pangandaran ini, dengan sebelumnya berjalan menuruni tangga yang cukup basah, dan setelah melewati jembatan kecil terlebih dahulu, maka tampaklah tampaklah saya melihat salah satu spot wisata terindah yang ada di kabupaten pangandaran ini, yaitu Citumang Green Valley !!

Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Sahabat traveler’s, pertama saya masuk ke lokasi utama di objek wisata Citumang Pangandaran ini, maka di dalam pikiran saya pun, saya harus jujur mengatakan ” Ternyata ada ya suatu tempat yang sangat indah, eksotis, sejuk dan sangat nyaman di sekitar tempat wisata pantai pangandaran ini ? meski harus berjuang melintasi medan jalan yang cukup jauh, sedikit sulit, namun seperti terbayar kontan dan lunas semuanya.

Di lokasi utama areal wana wisata Citumang Green Valley itu, saya bisa melihat dan meyaksikan eksotisme aliran air sungai yang relatif cukup tenang dan berbatu yang berair sangat jernih dan bersih. Di bagian pojok dimana di apit dinding yang sangat tinggi yang berwarna sangat indah kecoklatan, kemudian bentangan tali-tali dari akar pohon di atasnya yang bergelantungan, ada sebuah Gua eksotis di sana.

Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Di sana banyak wisatawan baik dalam maupun turis mancanegara yang sedang beraktifitas rafting, dengan memakai safety jacket dan bentangan tambang yang menguhubungkan batu yang satu dengan batu yang lainnya agar tidak jatuh terpelesat ke sungai, saya, anda dan semuanya akan sangat mudah mencapai lokasi bagian dalam seperti gua yang tampak indah itu. Airnya yang jernih dan kebiruan, mengalir tidak terlalu deras dan beradunya suara gemuruh air terjun dan suara pengunjung yang sedang berenang dan berendam seperti body rafting, River Boarding, River Tubing dan  yang lainnya membuat suasana ramai dan seru.

Di sekitar aliran sungai yang berkarang atau berbatu-batu besar itu, kita bisa duduk di atas batu-batu sungai yang besar dan menyaksikan para pengunjung lainnya yang sedang beraktifitas wisata, dan pastinya anda bisa menikmati keindahan kawasan wisata alam sekitar berupa Hutan lindung yang sangat lebat dengan pepohonan besar, merasakan dinginnya air sungai citumang, serta melihat bersih dan jernihnya air sungai Citumang sehingga bebatuan di bawahnya terlihat berwarna hijau menggoda sekali untuk kita terjuni dengan berenang.

Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Jadi aktifitas gratis yang paling sering di kawasan wisata Citumang Pangandaran terutama di lokasi wisata sepanjang aliran sungai yang ada beberapa air terjunnya itu adalah selain bermain-main dengan berenang, berendam menikmati segar dan bersihnya air sungai, lompat dari atas tebing, hingga menggelantung menggunakan seutas tali dari atas ketinggian dan menceburkan diri setelahnya, seru banget deh melihatnya !!

Citumang Body Rafting

Sahabat traveler’s, pengunjung yang datang ke sini, untuk mendapatkan dan menikmati fasiltas wisata Rafting anda harus terlebih dahulu daftar dan membayar paket wisata tersebut. Untuk mendapatkan informasi bagaimana caranya, itu sangat mudah sekali, karena jika anda baru masuk kawasan wisata di sekitar parkiran saja, anda pasti sudah ada yang menawarkan jasa Rafting yang mendatangi anda.

Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Bagaimana dengan anak-anak kita yang berusia masih sangat kecil ? apakah mereka bisa menikmati dan beraktifitas di aliran sungai Citumang juga ? nah ini dia kelebihan dari objek wisata di sekitar pangandaran ini, karena aliran sungai di sini cukup tenang dan tidak terlalu deras, tidak terlalu dalam serta yang pastinya sangat aman, maka saya puin melihat banyak bapak-bapak yang berenang atai body rafting dengan membawa serta anak-anak kecilnya ke aliran sungai.

Dan berikut adalah contoh harga paket Body Rafting Citumang Pangandaran untuk minimal 5 orang dari salah satu jasa penyedia layanan :

  1. Paket Hemat, di dalam paket ini anda akan dapatkan sensasi body rafting dengan river guide sejauh 1,5 Km dengan lama waktu 1,5 jam, dan harga paketnya dalah Rp.95.000/pax
  2. Paket Standart, di dalam paket anda akan dapatkan sensasi body rafting dengan river guide selama 1,5 KM dengan waktu 1,5 jam plus kendaraan transportasi Pickup dari lokasi strat sampai finish dan makan siang, harga paket Rp.125.000/pax
  3. Paket Lengkap, Anda akan mendapatkan serunya Body Rafting ditemani River Guide selama 1,5 Km dan lama waktu 1,5 jam plus transportasi pickup, makan siang dan kelapa muda.

Nah, untuk lebih mengetahui jelas, fasilitas wisata apa saja yang akan kita dapatan dan nikmati jika berkunjung ke salah satu tempat wisata di jawa barat terbaru dan sangat terkenal dan mempunyai potensi menjadi salah satu objek wisata terfavorit di kabupaten pangandaran, maka berikut adalah daftar fasiltas wisata di Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran yang berada di bawah pengelolaan Kesatuan Pemangku Hutan Ciamis Divisi Regional Jabar dab Banten.

Fasilitas Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Kolam Renang Citumang Green Valley Pangandaran

Nah sahabat traveler’s, selain anda akan bisa menikmati seru dan asyiknya berwisata di sini dengan bermain-main di aliran sungai yang berbatu seperti yang saya jelaskan di atas, anda juga bisa menikmati banyak fasilitas wisata lainnya yang tersedia dan dijamin cukup menarik dan nyaman bagi anda. Saya bahkan berani katakan objek wisata ini adalah salah satu tempat wisata keluarga terbaik di pangandaran.

Dan berikut adalah daftar fasilitas wisata yang ada di dalam lokasi wisata Citumang Pangandaran :

  1. Kolam Renang, fasilitas pemandian berupa kolam yang bersih dengan air kolam yang snagat bening kebiruan, sangat menarik untuk anda jajal dan nikmati bareng anak-anak anda. Tidak terlalu luas, namun dijamin cukup efektif dan menyenangkan sebagai sarana bermain anda dengan anak-anak kecil anda.
  2. Taman & Camping Ground, di tengah-tengah kawasan, terdapat hamparan taman yang hijau untuk lokasi berkemah, cukup asri dan teduh, dan sangat cocok bagi tempat bermain anak-anak anda plus terdapat beberapa buah gazeboo yang besar dan bisa dijadikan tempat sandaran atau rebahan bagi pengunung yang kelelahan atau mau istirahat sejenak.
  3. Saung , nah selain beberapa gazeboo di areal taman, di sini juga ada satu lokasi tempat yang menurut saya sangat merebut hati pengunjung untuk tinggal di sana. Lokasinya tepat di sisi tebing dan di atas aliran sungai yang sangat jernih dan menuju ke sebuah lokam penampungan.
  4. Mushola, selain mushola di sekitar pintu masuk atau areal parkiran, di dalam lokasi utama kawasan wana wisata Citumang Pangandaran ini pun terdapat tempat untuk sholat bagi anda yang beragama muslim, jadi anda tidak perlu balik ke atas.
  5. LifeGuard, nah demi keamanan dan kenyamanan pengunjung selama beraktifitas wisata di sana, pihak pengelola pun sudah menyediakan tempat berupa bangunan sebagai tempat atau kantor tim keamanan atau lifeguard wisata citumang.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah beberapa fasilitas wisata yang bisa anda dapatkan dan nikmati selama berada di dalam lokasi wisata air terjun citumang. Saya menilai sangat menarik dan menantang serta sesuai dengan harga tiket masuknya sebesar Rp.20.000.

Warung-Nasi-di-Citumang-Pangandaran

Fasilitas Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Fasilitas Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Fasilitas Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Fasilitas Wisata Citumang Green Valley Pangandaran

Sahabat traveler’s, setelah kurang lebih saya berada di dalam lokasi wisata green valley citumang pangandaran ini 20 menit lamanya, dan saya sudah cukup puas merasakan segar dan dinginnya air sungai di dengan turun ke bawahnya serta melihat dengan kepala saya sendiri, bagaimana keindahan serta eksotisnya alam di sana dengan segala fasilitas yang cukup refresentatif, maka saya pun dengan berat hati karena harus melanjutkan perjalanan menuju Pantai Pangandaran mengejar saat indah menikmati saat matahari terbanam atau Sunset Pantai Pangandaran.

Harga Tiket Parkir Citumang Pangandaran

Harga Tiket Masuk Citumang Green Valley Pangandaran

Sahabat traveler’s, jam sudah menunjukan waktu sekitar pukul 16.00 WIB, saya pun bergegas dengan sahabat sekaligus pemandu wisata saya Imat Rohimat ( Kang Ohim nuhun waktosna coy ..!! ) keluar dari lokasi wisata dan menuju tempat parkir di mana saya memarkirkan sepeda motor Yamaha X Rider yang insyaAllah akan selalu menemani saya sebagai seorang travel blogger berkeliling dunia, dan sata tuliskan di blog www.adventurexrider.com.

Setelah saya beres-beres dan memasukan peralatan kamera Canon EOS 550D ke tempat amanntya, pasang jacket dan pasang helm, alkhirnya petugas parkir pun datang menghampiri dan saya pun berikan saja uang parkir sebesar Rp.2.000. Sementara untuk tarif parkir kendaraan mobil, cukup bayar dengan uang sebesar Rp.5.000 saja cukup.

  • Motor Rp.2.000
  • Mobil Rp.5.000

Nah sahabat setelah semuanya siap dan aman untuk berangkat, maka saya pun dengan berat hati harus meninggalkan salah satu tempat wisata yang eksotis di Jawa Barat yang bisa menarik dan cukup menatang dikunjungi ini, karena saya harus melanjutkan perjalanan tour ke objek wisata lainnya, yaitu pangandaran !! Dan jika anda mau tahu kisahnya seru dan apa yang saya dapatkan di pangandaran, silahkan ikuti terus update perjalanan petualangan saya sebagai Travel Blogger di www.adventurexrider.com.

Alamat Citumang Green Valley Pangandaran

  • Dusun Sukamanah, Desa Bojong, Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat Indonesia

Nomer Telepon Citumang Pangandaran

  • Untuk informasi wana wisata citumang, seperti harga dan fasilitas dan informasi lainnya, silahkan anda bisa menghubungi 0852-2092-3723

Jam Buka Citumang Green Valley Pangandaran

  • Jam operasional wana wisata Citumang adalah setiap hari senin hingga minggu, dan mulai buka pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Peta Lokasi Citumang Green Valley Pangandaran

  • Untuk mengetahui latak dan posisi wana wisata citumang pangandaramn ,silahkan anda bisa buka di sini.

Rute Jalan Ke Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran.

Sahabat traveler’s, objek wisata Citumang yang berada di kacamatan Parigi ini lokasinya berada di tengah-tengah antara beberapa objek wisata terpopuler di pangandaran sebelumnya yaitu antara Pantai Pangandaran dengan Batu Hiu, Green Canyon dan paling ujungnya Pantai Batu Karas.

Objek wisata ini bisa anda akses dengan naik kendaraan umum bus 3/4 Budiman yang melayani trayek tasikmalaya – cimerak. akan tetapi untuk memasuki lokasi wisata citumang, anda sepertinya harus menyewa ojek terlebih dahulu kalau tidak mau berjalan kaki yang jaraknya lumayan cukup jauh.

Dan berikut ini adalah ilstrasi atau infografik rute jalan yang menghubungkan berbagai tempat wisata di kabupaten pangandaran yang telah populer atau paling terkenal :

Pantai KarapyakPantai Karang NiniPantai PangandaranCitumangBatu HiuGreen Canyon – Batu Karas.

Nah, bagi anda pengunjung yang berasal dari arah pantai pangandaran dan menggunakan kendaran pribadi, maka lokasi wana wisata alam Citumang ini hanya berjarak kurang lebih 15 KM saja atau waktu tempuh perjalanan sekitar 25 menitan, atau tepatnya berada sebelum objek wisata Batu Hiu.

Silahkan anda perhatikan sebelah kanan jalan yang anda lewati selama berkendara, hingga anda menemukan toko indomaret dan papan plang tidak terlalu besar bertuliskan Citumang. Dari sana masuk ke dalam lokasi sejauh kurang lebih 5 KM.

Tip Wisata Ke Citumang Pangandaran

Sahabat traveler’s pecinta wisata indonesia, berikut adalah beberapa tips cara berwisata ke citumang green valley di pangandaran yang saya dapatkan informasinya selama saya berkunjung ke salah satu tempat wisata keluarga di jawa barat indonesia yang sangat rekomended untuk anda kunjungi :

  • Usahakan membawa kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun empat, terkecuali Bus Pariwisata. Objek wisata ini lumayan jauh dari jalan utama, dan jalan masuk ke dalam masih belum baik, berbatu dan berlumpur kalau musim hujan.
  • Bawa pakaian pengganti, karena anda akan beraktifitas wisata yang pasti berhubungan dengan air selamanya. mulai air terjun, berenang dan berendam dan masih banyak yang lainnya.
  • Datang siang hari, jangan terlalu pagi dan juga sore, pukul 12.00 WIB sepertinya waktu yang sangat ideal sebagai waktu berkunjung, karena sehabis anda berpans-panasan, masuk lokasi yang adem apalagi berendam dan berenang pasti akan sangat nyaman dan mendinginkan tubuh anda.
  • Bawa makanan dan minuman secukupnya ketika memasuki kawasan wisata Citumang, bagus jika sudah bawa dari rumah, namun jika belum anda bisa beli di kedai amkan yang ada areal luar sekitar parkir, karena di dalam lokasi wisata tidak ada kedai atau warung makan.
  • Datang ke sini ketika musim kemarau antara bulan mei hingga september, sehingga tempat ini aman untuk dikunjungi dan air sungai citumang akan terlihat jernih dengan bebatuan warna hijaunya terlihat jelas.

Nah sahabat traveler’s, apakah anda tertarik mengunjungi salah satu tempat wisata di pangandaran dan sekitarnya yang sedang populer saat ini ? jika iya, maka buatlah perencaan liburan anda ke depan untuk mengunjungi Wana Wisata Citumang Green Valley Pangandaran.

Citumang Green Valley
  • Citumang Green Valley Pangandaran

Info Wisata

Nama : Citumang Green Valley
Alamat : Jl.Citumang Rt 04 Rw 06 Ds.Sukamanah Parigi
No Tlp : 0852-2876-6558
Jam Buka : Senin-Minggu,08.00-16.30 WIB
Harga Tiket : Rp.15.000-Rp.20.000
Fasilitas : Air Terjun, Rafting dll

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.